Hari Kenaikan Isa Almasih Jatuh Pekan Ini, Kamis 18 Mei 2023 Libur Atau Tidak? Berikut Penjelasannya Menurut S

- 16 Mei 2023, 15:30 WIB
Jadwal  misa Hari Raya Kenaikan Tuhan Yesus Kristus atau Isa Almasih di Gereja Katedral Jakarta, Semarang dan Surabaya.
Jadwal misa Hari Raya Kenaikan Tuhan Yesus Kristus atau Isa Almasih di Gereja Katedral Jakarta, Semarang dan Surabaya. /PIXABAY/aszak

 
Berita KBB - Hari Kenaikan Isa Almasih akan jatuh pada hari Kamis 18 Mei 2023 lusa. Pada hari tersebut, umat Kristiani memperingati naiknya Yesus Kristus ke langit setelah memberikan pesan terakhir pada murid-muridnya.
 
Kenaikan Isa Almasih ini terjadi di Bukit Zaitun atau disebut juga Bukit Olive tidak jauh dari Yerusalem. Naiknya Yesus ke Surga ini disaksikan oleh para muridnya yang sebelumnya diajari bagaimana melaksanakan ajaran Tuhan.
 
Hari Kenaikan Isa Almasih ini jatuh pada hari ke-40 atau hari Kamis pekan ke-6 setelah minggu Paskah.
 
 
Nah, berhubung Hari Kenaikan Isa Al-Masih jatuh di pekan ini, apakah Kamis 18 Mei 2023 jadi hari libur? Menurut situs liburnasional.com, Kenaikan Isa Almasih pada Kamis lusa ditetapkan sebagai hari libur.
 
Hal ini diperkuat dengan Surat Keputusan Bersama 3 Menteri Tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2023 yang ditandatangani oleh Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, dan Menteri PAN-RB.
 
SKB 3 Menteri itu juga menyatakan bahwa Hari Kenaikan Isa Al-Masih pada Kamis 18 Mei 2023 ditetapkan sebagai hari libur nasional.
 
Hal ini untuk memberi kesempatan bagi umat Kristiani yang merayakannya sekaligus untuk menghormati prosesi perayaan dan ibadah mereka.
 
 
Bahkan tidak perlu jauh-jauh mengecek situs internet atau SKB 3 Menteri, pada kalender yang terdapat di rumah atau di kantor, tanggal 18 Mei 2023 juga merupakan tanggal merah yang artinya adalah hari libur.
 
Maka dengan demikian, pada Hari Kenaikan Isa Almasih Kamis 18 Mei 2023 tidak perlu berangkat kerja atau bekerja dari rumah karena adalah merupakan hari libur nasional.***
 

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x