Kumpulan Link Download Twibbon Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2023 Keren, Simak Cara Menggunakannya Berikut

- 26 Mei 2023, 15:00 WIB
Berikut ini terdapat link Twibbon Hari Lahir Pancasila 2023 terbaru dengan desain unik tema merah putih.*
Berikut ini terdapat link Twibbon Hari Lahir Pancasila 2023 terbaru dengan desain unik tema merah putih.* /Twibbonize
 

Berita KBB - Segenap rakyat Indonesia akan memperingati Hari Lahir Pancasila pada Kamis 1 Juni 2023 pekan depan. Tanggal tersebut adalah hari di mana rumusan dasar negara untuk pertama kalinya digagas para pendiri bangsa Indonesia pada 1 Juni 1945.

Pada hari itu, Ir. Soekarno dalam sidang kedua Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) pertama kalinya memperkenalkan istilah Pancasila, yang dalam bahasa Sansekerta secara harfiah berarti “5 Asas”

Dikutip dari laman resmi Kemenkeu RI, kala itu Ir. Soekarno dalam pidato aklamasinya yang diberi judul “Lahirnya Pancasila”, menggagas rumusan 5 asas atau sila yang akan menjadi cikal bakal ideologi negara Indonesia.

Baca Juga: KOSTRAD Dan PTPN VIII Melakukan Penandatanganan Adendum Dan Perjanjian Kerja Sama Perkuat Kolaborasi

Kelima sila itu yakni “Kebangsaan”, “Internasionalisme atau Perikemanusiaan”, “Demokrasi”, “Keadilan sosial”, dan “Ketuhanan yang Maha Esa”.


Dikutip dari berbagai sumber, dalam sidang berikutnya yang dilaksanakan Panitia Sembilan, kelima sila ini dilakukan penyempurnaan, hingga pada 22 Juni 1945 lahirlah Piagam Jakarta yang memuat butir Pancasila, yang hampir serupa dengan yang kita kenal sekarang.


Kemudian, sehari setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945, dalam sidang Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI), sila pertama dilakukan sedikit perubahan menjadi “Ketuhanan yang Maha Esa”.


Perubahan ini menjadi finalisasi Pancasila sebagai dasar negara Indonesia, dengan 5 asasnya seperti yang kita amalkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sehari-hari hingga sekarang.


Untuk menyemarakkan peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2023 mendatang, ada beberapa twibbon menarik yang bisa diunduh dan digunakan untuk foto profil media sosial Anda.


Berikut ini kumpulan link download Twibbon Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2023 yang dihimpun dari situs Twibbonize. Semua karya twibbon di bawah ini merupakan milik pengunggah/perancang masing-masing


Kumpulan Link Download Twibbon Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2023

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: Twibbonize


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x