Simak! LPG Non Subsidi Turun Harga! Tapi Subsidi Harga Tetap

- 7 Juli 2023, 10:31 WIB
Simak! LPG Non Subsidi Turun Harga! Tapi Subsidi Harga Tetap
Simak! LPG Non Subsidi Turun Harga! Tapi Subsidi Harga Tetap /Tangkap layar samatorgas.com/
 
 
BERITA KBB – PT Pertamina (Persero) resmi melakukan penyesuaian harga dari Liquefied Petroleum Gas (LPG) non subsidi tabung 5,5kg dan 12kg per 26 Juni 2023 ini. Kabarnya, harga LPG non subsidi tersebut turun.
 
Untuk produk Bright Gas 5,5kg, harga isi ulang mengalami penurunan sebesar Rp 4 ribu per tabung dari sebelumnya yang berada di kisaran Rp100 ribu hingga Rp127 ribu. Sedangkan, untuk isi ulang LPG ukuran 12kg turun Rp 9 ribu, dari yang sebelumnya sekitar Rp213 ribu menjadi Rp204 ribu per tabung.
 
 
Vice President Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso, mengatakan penentuan harga LPG non subsidi menjadi kewenangan badan usaha dengan mengacu pada tren dan mekanisme Contract Price Aramco. Fadjar juga mengatakan bahwa penurunan harga LPG ini seiring dengan turunnya harga Contract Price Aramco.
 
Sementara itu, harga LPG bersubsidi tidak turun, karena penetapan harga patokan LPG 3 kg bersubsidi menjadi kewenangan pemerintah.
 
 
Hal ini sesuai dengan Pertamina Keputusan Menteri ESDM Nomor 253.K/12/MEM/2020 tentang Harga Patokan Liquefied Petroleum Gas Tabung 3 Kilogram.
 
Selain itu, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) juga sedang melakukan pendataan, karena mulai 2024, hanya masyarakat yang terdaftar dalam data P3KE yang bisa membeli LPG bersubsidi.

Editor: Siti Mujiati

Sumber: Instagram @bigalphaid


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x