Soal Pakaian Adat Tanimbar yang Dipakai Jokowi di Sidang Tahunan MPR, Ternyata Ini Filosofi dan Penggunaannya

- 16 Agustus 2023, 14:27 WIB
Presiden Jokowi hadir saat sidang tahunan MPR 2023 di Kompleks Sidang Parlemen, Jakarta pada Rabu, 16 Agustus 2023.
Presiden Jokowi hadir saat sidang tahunan MPR 2023 di Kompleks Sidang Parlemen, Jakarta pada Rabu, 16 Agustus 2023. /YouTube/DPR RI/
 

Berita KBB - Presiden Jokowi mengenakan pakaian adat Tanimbar, Maluku saat menghadiri agenda menyampaikan pidato kenegaraan di Sidang Tahunan MPR RI, Rabu 16 Agustus 2023.

Tiba di Gedung DPR/MPR sekitar pukul 08.30 WIB, Jokowi hadir didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo. Dalam kesempatan yang sama, tampak Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengenakan pakaian adat Betawi didampingi istrinya, Wury Estu Handayani.

Berikut ini sekilas pandang mengenai pakaian adat Tanimbar yang dikenakan Presiden Jokowi dalam agenda Sidang Tahunan MPR RI.

Baca Juga: Sinopsis Daftar Pemain Ftv Hatiku Lockdown di Kuah Sotomu Rabu 16 Agustus 2023 Pukul 08.00 WIB

Dikutip dari laman Senibudayaku, pakaian adat Tanimbar seperti yang dikenakan Presiden Jokowi dipakai dalam upacara adat dan keagamaan, seperti pernikahan, penghormatan jenazah, dan pelepasan arwah.


Untuk kaum pria, terdiri dari celana panjang dan kemeja panjang, dengan aksesoris berupa umpan yakni selembar kain tenun yang terikat di pinggang, sinune, tutuban ulu, kain penutup kepala berhiaskan somalea.


Pada masa lalu, tutuban ulu disimbolkan sebagai tanda keberanian, kebesaran, dan keperkasaan seorang pemimpin, pahlawan, prajurit atau ketua adat.

Baca Juga: Dispora Kota Bandung Menggelar Fun Games Bagi Mitra Kerja Untuk Menyambut Kemerdekaan Indonesia ke-78

Saat ini, lelaki Tanimbar hanya mengenakan kelengkapan berupa kain umpan dalam upacara keagamaan atau upacara adat. Pakaian adat yang lengkap hanya dikenakan mereka yang diserahi tugas penting dalam upacara, atau pada jenazah saat upacara pelepasan.


Pakaian adat Tanimbar pun kini tidak menjadi pakaian sehari-hari yang dikenakan secara luas oleh masyarakat setempat. Hanya kalangan lansia yang masih menggunakan pakaian tradisional tersebut.


Demikianlah mengenai pakaian adat Tanimbar yang dikenakan Presiden Joko Widodo dalam Sidang Tahunan MPR Rabu 16 Agustus 2023.***

 

Editor: Siti Mujiati

Sumber: YouTube DPR RI


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x