Gempa Hari Ini: Perairan Kalimantan Selatan Diguncang Lindu 7,4 M, Terasa Kuat Hingga Ke Jatim,Bali dan Lombok

- 29 Agustus 2023, 13:43 WIB
Infografis peta pusat gempa bumi magnitudo 7.4 yang berpusat di 180 kilometer Tenggara Tanah Bumbu Kalimantan Selatan Selasa 29 Agustus 2023.
Infografis peta pusat gempa bumi magnitudo 7.4 yang berpusat di 180 kilometer Tenggara Tanah Bumbu Kalimantan Selatan Selasa 29 Agustus 2023. /Tangkapanlayar instagram @infobmkg/
 

Berita KBB - 2 kali guncangan gempa bumi terjadi hari ini Selasa 29 Agustus 2023 dini hari. Terkini, lindu mengguncang di perairan Kalimantan Selatan pada pukul 03.55.32 WITA.


Menurut Instagram @infobmkg, gempa bumi di perairan Kalimantan Selatan ini berpusat pada koordinat 6,94 LS dan 116,57 BT tepatnya 180 kilometer tenggara Tanahbumbu Kalimantan Selatan, dengan kekuatan 7,4 magnitudo.


Meskipun pusat gempa bumi berada di perairan Kalimantan Selatan dengan kedalaman 525 kilometer, guncangannya justru terasa kuat di Blitar, Bantul, dan Trenggalek dengan skala II hingga III MMI (Modified Mercalli Index).

 

Baca Juga: Prediksi Pertandingan Al-Nassr vs Al-Shabab: Ronaldo dan Talisca Siap Menyulitkan Tim Tamu


Gempa bumi ini juga dirasakan di Tabanan, Kuta Selatan dan Karangkates dengan skala MMI III hingga IV.


Adapun di Lombok Nusa Tenggara Barat sendiri, gempa bumi ini berkekuatan IV skala MMI, dengan wilayah sekitar NTB dan Bali yakni Waingapu, Denpasar, Gianyar dan Kuta merasakan guncangan berkekuatan hingga V skala MMI.


“MasyaAllah di Lombok kerasa, dan yg ke2 gempa di Lombok juga dengan waktu bersamaan, semoga Allah lindungi kita,” komentar @rahma07.


Pada unggahan akun Instagram @infobmkg, sejumlah netizen dari Banjarmasin mengaku tidak merasakan gempa.

 

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: Instagram @infoBMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x