Ancam Tutup Pabrik yang Ogah Pasang Scrubber, Jokowi: Harga Kesehatan yang Harus Kita Bayar Sangat Mahal

- 31 Agustus 2023, 10:04 WIB
Ancam Tutup Pabrik yang Ogah Pasang Scrubber, Jokowi: Harga Kesehatan yang Harus Kita Bayar Sangat Mahal
Ancam Tutup Pabrik yang Ogah Pasang Scrubber, Jokowi: Harga Kesehatan yang Harus Kita Bayar Sangat Mahal /
 

Berita KBB - Pabrik yang tidak mau pasang alat penyaring pada cerobong asap pembuangan atau scrubber, bakal kena sanksi penutupan paksa. Alat tersebut digunakan untuk mengurangi emisi karbon yang dihasilkan dari industri pabrik.


Hal itu disampaikan Presiden Joko Widodo saat melaksanakan kunjungan kerja di Kota Semarang, Jawa Tengah, Rabu 30 Agustus 2023.


"Sanksi pasti dan bisa ditutup. Kemarin pas rapat sudah disampaikan kalau tidak mau memperbaiki, tidak pasang scrubber, (sanksi) tegas untuk ini," ujar Jokowi, seperti dikutip Berita KBB dari YouTube Sekretariat Presiden.

 

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Jawa Barat 31 Agustus 2023: Cerah Berawan Seharian, Bukan Lembang yang Jadi Daerah Paling Adem


"Karena harga kesehatan yang harus kita bayar sangat mahal sekali," sambungnya.


Senada dengan yang diungkapkan Jokowi, Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan sebelumnya menyebut ada sanksi bagi pelaku industri yang tidak mau memasang scrubber.


Alat scrubber ini wajib dipasang oleh pelaku industri demi mengurangi emisi buangan pabrik. Pemerintah pun akan melakuakn inspeksi secara intensif untuk memastikan alat penyaring ini dipasang pada cerobong asap pabrik.

.

"Kalau dia (industri pabrik, red) harus pakai scrubber, tadi mengurangi apa, carbon emission. Kalau nggak memenuhi kita ingatkan lagi, kalau tiga kali, kalau nggak juga, kita tutup," jelas Luhut, Jumat 18 Agustus 2023 lalu.

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: PMJ News Youtube Skretariat Presiden IQAir


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x