25 Link Twibbon Hari Polwan Untuk Unggahan Media Sosial Lengkap dengan Cara Pasang, Simak Sejarahnya Berikut

- 31 Agustus 2023, 11:09 WIB
25 Link Download Twibbon Hari Polwan 2022 dan Cara Pakainya Mudah Praktis
25 Link Download Twibbon Hari Polwan 2022 dan Cara Pakainya Mudah Praktis /twibbonize.com
 

Berita KBB - Jumat 1 September 2023 menjadi hari penting bagi kesatuan polisi wanita (Polwan) Polri. Pasalnya, di tanggal itulah korps polwan Indonesia didirikan pada 75 tahun yang lalu. Sehingga 1 September esok juga diperingati sebagai hari ulang tahun Polwan.

Untuk menambah meriah peringatan tersebut, berikut 25 link Twibbon Hari Polwan 1 September 2023 yang bisa diunduh segenap anggota polisi wanita untuk unggahan di media sosial masing-masing.

Namun sebelum mengunduh twibbon Hari Polwan 1 September 2023, ada baiknya kita menyimak sejarah berdirinya kesatuan polisi wanita di Indonesia terlebih dulu.

Baca Juga: Skripsi Tak Lagi Jadi Syarat Wajib Lulus S1 dan D4!

Dirangkum dari laman Museum Polri, sejarah Polwan di Indonesia dapat ditarik mundur hingga 1948, di mana pada 1 September tahun itu, Djawatan Kepolisian Negara untuk Sumatra yang berpusat di Bukittinggi Sumatra Barat melatih 6 orang wanita terpilih untuk menjadi polisi.


Keenam siswa itu yang diketahui bernama Mariana Saanin, Nelly Pauna, Rosmalina Loekman, Dahniar Sukotjo, Djasmaniar, dan Rosnalia Taher dilatih menjadi inspektur polisi bersama-sama dengan 44 siswa pria di Sekolah Polisi Negara (SPN) Bukittinggi.


Bukan tanpa alasan Djawatan Kepolisian Negara merekrut siswa wanita. Pada masa itu, polisi kesulitan memeriksa tersangka dan korban bergender wanita, sehingga mereka harus meminta bantuan istri polisi atau pegawai wanita untuk melakukan pemeriksaan khususnya fisik.


Maka dari itu, organisasi wanita di Bukittinggi utamanya dari kalangan Islam mengusulkan pada pemerintah agar instansi pendidikan kepolisian merekrut siswa dari kalangan wanita agar masalah tersebut bisa diatasi.


Setelah mengalami berbagai perubahan dan perkembangan, pada 29 November 1986, Kapolri Jenderal Polisi Drs. Mochammad Sanoesi mengesahkan lambang Polwan dengan menerbitkan Surat Keputusan No. Pol.: Skep/480/XI/1986.


Demikianlah cuplikan sejarah berdirinya Polwan di Indonesia pada 1 September 1948 yang juga diperingati tiap tahunnya sebagai Hari Polwan.

 

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: Twibonnize.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x