Hari Perhubungan Nasional: Sejarah, Tema, dan Perkembangan Kendaraan di Indonesia

- 16 September 2023, 22:59 WIB
Hari Perhubungan Nasional: Sejarah, Tema, dan Perkembangan Kendaraan di Indonesia
Hari Perhubungan Nasional: Sejarah, Tema, dan Perkembangan Kendaraan di Indonesia /iqbalnuril/Pixabay

 

BERITA KBB - Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) adalah peringatan nasional yang jatuh setiap tanggal 17 September. Harhubnas merupakan momentum untuk mengenang peristiwa bersejarah di bidang perhubungan yang memberikan inspirasi bagi seluruh bangsa Indonesia. Harhubnas juga menjadi ajang untuk mengevaluasi dan meningkatkan kualitas pelayanan transportasi di Indonesia.

 

Sejarah Harhubnas

Harhubnas pertama kali diperingati pada tahun 1973, berdasarkan Keputusan Menteri Perhubungan Nomor SK. 274/G/1971 yang ditetapkan pada tanggal 26 Agustus 1971. Menteri Perhubungan saat itu adalah Frans Seda, yang mengambil kebijaksanaan untuk menyatukan perayaan Hari Bakti dari berbagai unsur perhubungan, seperti pelabuhan, pos dan telekomunikasi, dan kereta api, yang sebelumnya memiliki tanggal yang berbeda-beda.

 

Menteri Perhubungan memilih bulan September sebagai bulan perayaannya dan memilih tanggal 17 dari hari keramat 17 Agustus, kemerdekaan Indonesia. Sejak tahun 1973 tersebut Harhubnas diperingati oleh semua lembaga perhubungan Indonesia. Lalu berkembang menjadi diperingati oleh seluruh masyarakat Indonesia secara serentak setiap tahunnya.

 Baca Juga: Peringatan Dini Cuaca 17-18 September 2023: Jakarta, Jabar, Hingga Jatim Berpeluang Hujan Ringan-Lebat

Tema Harhubnas

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah