Hari Sungai Sedunia 2023: Mengapa Penting untuk Merawat Sumber Daya Air Kita

- 24 September 2023, 13:38 WIB
Hari Sungai Sedunia 2023: Mengapa Penting untuk Merawat Sumber Daya Air Kita
Hari Sungai Sedunia 2023: Mengapa Penting untuk Merawat Sumber Daya Air Kita /analogicus/Pixabay

 

 

BERITA KBB - Tanggal 24 September 2023 diperingati sebagai Hari Sungai Sedunia atau World Rivers Day. Peringatan ini dirayakan secara internasional dan dilaksanakan setiap hari Minggu pekan keempat di bulan September untuk tiap tahunnya. Tujuan dari peringatan ini adalah untuk menyoroti nilai-nilai yang dimiliki sungai, meningkatkan kesadaran masyarakat, dan mendorong peningkatan pengelolaan semua sungai di seluruh dunia.

Tahun ini, Hari Sungai Sedunia jatuh pada tanggal 24 September 2023. Tema yang diusung adalah “Celebrating Our Rivers” atau “Merayakan Sungai Kita”. Tema ini mengajak kita untuk mengapresiasi sungai sebagai sumber kehidupan yang memberikan manfaat bagi kita semua. Tema ini juga mengingatkan kita untuk bertanggung jawab terhadap kondisi sungai yang saat ini mengalami penurunan kualitas akibat ulah manusia.

Sungai adalah sumber daya air yang sangat penting bagi kehidupan manusia dan alam. Sungai menyediakan air bersih, irigasi, transportasi, energi, rekreasi, dan habitat bagi berbagai spesies flora dan fauna. Sungai juga memiliki peran budaya, sejarah, dan spiritual bagi banyak masyarakat di dunia.

 Baca Juga: Karena Alasan Ini, Nurul Arifin Ingin Ada Perda Perlindungan UMKM

Namun, sungai-sungai di hampir setiap negara menghadapi berbagai ancaman yang dapat merusak kualitas dan kuantitas airnya. Beberapa ancaman tersebut antara lain adalah pencemaran, perubahan iklim, pembangunan bendungan, deforestasi, erosi, invasi spesies asing, dan eksploitasi berlebihan. Akibatnya, banyak sungai yang mengalami penurunan debit, kerusakan ekosistem, kepunahan biota, dan konflik sumber daya.

 

Indonesia sebagai negara kepulauan memiliki lebih dari 5.000 sungai yang tersebar di seluruh wilayahnya. Sungai-sungai ini memiliki fungsi strategis bagi pembangunan nasional dan kesejahteraan rakyat. Namun, kondisi sungai-sungai di Indonesia juga tidak jauh berbeda dengan sungai-sungai di negara lain. Menurut data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), sekitar 59 persen sungai di Indonesia masih dalam kondisi tercemar berat. Penyebab utama pencemaran sungai adalah limbah rumah tangga, industri, pertanian, dan peternakan.

 

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: Berbagai sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah