Waspada! 2 Hari Ke Depan, 3 Provinsi Berpotensi Angin Kencang, Hujan Berpeluang Guyur Banten dan Jawa Barat

- 5 Oktober 2023, 06:19 WIB
Waspada! 2 Hari Ke Depan, 3 Provinsi Berpotensi Angin Kencang, Hujan Berpeluang Guyur Banten dan Jawa Barat
Waspada! 2 Hari Ke Depan, 3 Provinsi Berpotensi Angin Kencang, Hujan Berpeluang Guyur Banten dan Jawa Barat /Ida Farida
 

Berita KBB - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi belasan provinsi di Sumatra, Jawa, Kalimantan, Sulawesi dan Papua berpotensi hujan ringan hingga lebat pada kurun 5-6 Oktober 2023.


Selain itu, dalam laporan peringatan dini cuaca yang diperbarui Rabu 4 Oktober 2023, terdapat 3 provinsi di Jawa, Nusa Tenggara dan Sulawesi yang berpotensi angin kencang dalam 2 hari ke depan.


Dalam narasinya, BMKG memantau adanya sirkulasi siklonik di Kamboja dan Samudra Pasifik utara Papua. Sirkulasi siklonik ini yang membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin di wilayah yang disebut terakhir.

 

Selain itu, daerah konvergensi lainnya terpantau memanjang dari Sumatra Barat hingga Sumatra Utara, dari Sumatra Barat hingga Laut Andaman, Sumatra Selatan hingga Perairan Selatan Kepulauan Anambas, Laut Jawa Timur.


Tidak hanya itu, daerah konvergensi juga terpantau di sepanjang Kalimantan Selatan hingga Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan hingga Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur hingga Laut Sulu, Maluku hingga Maluku Utara, dan di Papua bagian tengah.


BMKG juga menyebutkan terdapat labilitas lokal kuat di wilayah Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Jambi, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Maluku, Papua Barat dan Papua.


Wilayah mana sajakah yang terdampak hujan dan angin kencang dalam 2 hari ke depan? Berikut ini Berita KBB rangkum prediksi sebaran cuaca di wilayah Indonesia pada Kamis dan Jumat 5-6 Oktober 2023.


Harap diperhatikan bahwa data di bawah ini hanya bersifat prakiraan, sehingga cuaca yang timbul sebenarnya bisa saja berbeda.

 

Baca Juga: Spoiler One Piece 1094: Saint Jaygarcia Saturn Mengamuk, Begini Wujud dan Kekuatan Sejatinya

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x