BMKG: Cuaca Ekstrem Hujan Sedang-Lebat Berpotensi Terjadi di Sumatra, Kalimantan dan Papua Hingga 12 Oktober

- 6 Oktober 2023, 11:29 WIB
BMKG: Cuaca Ekstrem Hujan Sedang-Lebat Berpotensi Terjadi di Sumatra, Kalimantan dan Papua Hingga 12 Oktober
BMKG: Cuaca Ekstrem Hujan Sedang-Lebat Berpotensi Terjadi di Sumatra, Kalimantan dan Papua Hingga 12 Oktober /Oke
 

Berita KBB - BMKG memprediksi potensi cuaca ekstrem hujan lebat terjadi dalam kurun 6-12 Oktober 2023. Berikut ini informasi daftar provinsi yang terdampak kondisi cuaca tersebut selama sepekan ke depan.


Menurut laporan peringatan cuaca ekstrem yang dikeluarkan BMKG Kamis 5 Oktober 2023, dalam waktu sepekan ke depan, hujan sedang hingga lebat berpotensi terjadi di sebagian Sumatra, Kalimantan, dan Papua.


Pantauan prakirawan BMKG, sirkulasi siklonik berada di Samudera Pasifik utara Papua. Sirkulasi ini membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin di area tersebut.

 

Baca Juga: Ranpur Pindad Ramaikan Defile pada Gelaran HUT Ke-78 TNI

 

Selain itu, daerah konvergensi serupa terpantau memanjang dari perairan barat Aceh hingga Aceh daratan, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Riau, dari Kalimantan Timur bagian selatan, Kalimantan Tengah hingga Kalimantan Barat, Kalimantan Utara bagian utara. 

 

Daerah konvergensi juga terdapat di Sulawesi Tengah bagian selatan, Sulawesi Barat bagian utara, Maluku Utara, dan dari Papua bagian tengah hingga Papua Barat. Kondisi ini mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sepanjang daerah tersebut.


Berdasarkan pantauan di atas, BMKG memperkirakan hujan sedang hingga lebat selama 7 hari ke depan berpotensi terjadi di provinsi Aceh, Sumatra Utara, Riau, Sumatra Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Papua Barat, dan Papua.

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x