Mengenal Jon Fosse, Pemenang Nobel Sastra 2023

- 7 Oktober 2023, 15:24 WIB
Pengarang asal Norwegia, Jon Fosse. Mengenal Jon Fosse, Pemenang Nobel Sastra 2023
Pengarang asal Norwegia, Jon Fosse. Mengenal Jon Fosse, Pemenang Nobel Sastra 2023 /

 

 

BERITA KBB - Jon Fosse, seorang penulis asal Norwegia, telah meraih penghargaan tertinggi dalam bidang sastra, yaitu Nobel Sastra 2023. Ia dianugerahi hadiah tersebut “atas karya-karya dramanya dan prosanya yang inovatif yang memberikan suara kepada hal-hal yang tak terucapkan”.

Siapa Jon Fosse dan apa yang membuat karyanya begitu istimewa? Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang pemenang Nobel Sastra 2023.

Latar Belakang

Baca Juga: RANS Nusantara FC Menang Tipis 2-1 Atas PSIS Semarang, Magenta Force Naik Ke Posisi 3 di Liga 1

Jon Fosse lahir pada tahun 1959 di Haugesund, sebuah kota pelabuhan di barat daya Norwegia. Ia tumbuh di lingkungan keluarga Kristen yang taat, tetapi ia sendiri mengaku tidak percaya pada Tuhan. Ia mulai menulis puisi dan cerita pendek saat masih remaja, dan kemudian belajar sastra, filsafat, dan teologi di Universitas Bergen.

 

Fosse memulai karier sastranya dengan menerbitkan novel pertamanya, Raudt, svart (Merah, Hitam), pada tahun 1983. Sejak itu, ia telah menulis lebih dari 30 buku, termasuk novel, cerpen, esai, puisi, dan terutama drama. Ia juga menerjemahkan karya-karya sastra dari bahasa Inggris, Jerman, dan Prancis ke dalam bahasa Norwegia.

 

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x