Mengenal Kapal Induk USS Gerald R. Ford yang Dikirim Amerika Serikat ke Israel dan Bagaimana Reaksi Negara Lai

- 9 Oktober 2023, 16:20 WIB
Mengenal Kapal Induk USS Gerald R. Ford yang Dikirim Amerika Serikat ke Israel dan Bagaimana Reaksi Negara Lai
Mengenal Kapal Induk USS Gerald R. Ford yang Dikirim Amerika Serikat ke Israel dan Bagaimana Reaksi Negara Lai /aljazeera

 

 

BERITA KBB - Konflik antara Israel dan Palestina semakin memanas sejak awal Oktober 2023, ketika Hamas melancarkan serangan besar-besaran yang menewaskan ratusan orang Israel dan menyandera puluhan lainnya. Israel membalas dengan melakukan serangan udara dan darat ke Jalur Gaza, wilayah yang dikuasai oleh Hamas, dan menewaskan ratusan warga Palestina.

Dalam situasi yang genting ini, Amerika Serikat (AS) sebagai sekutu utama Israel, mengumumkan akan mengirimkan bantuan militer bagi negara Yahudi tersebut. Salah satu bantuan yang paling menonjol adalah pengiriman kapal induk USS Gerald R. Ford ke Mediterania Timur, yang lebih dekat dengan Israel.

Apa itu kapal induk USS Gerald R. Ford?

Baca Juga: Hari Batik Nasional, Shopee Dukung Penuh Produsen Batik Lokal Ekspor Produk ke Pasar Global

USS Gerald R. Ford adalah kapal induk terbaru dan tercanggih milik Angkatan Laut AS, yang menjadi pemimpin kelasnya dari supercarrier. Kapal ini dinamai menurut Presiden AS ke-38, Gerald R. Ford, yang pernah bertugas di kapal induk ringan Monterey selama Perang Dunia II.

 

Kapal ini mulai dibangun pada 2009 dan ditugaskan pada 2017, menggantikan USS Enterprise (CVN-65) yang sudah tidak aktif. Kapal ini memiliki panjang 337 meter, lebar 78 meter, tinggi 76 meter, dan berat lebih dari 100 ribu ton. Kapal ini mampu mengangkut lebih dari 75 pesawat tempur, termasuk F-35C Joint Strike Fighter, F/A-18E Super Hornet, EA-18G Growler, E-2D Hawkeye, C-2 Greyhound, MH-60S Seahawk, dan MQ-25 Stingray.

 

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x