Gempa Bumi di Afghanistan Tewaskan Lebih dari 2.400 Orang, Ini Penyebab dan Dampaknya

- 9 Oktober 2023, 10:07 WIB
Gempa bumi di Afghanistan merupakan salah satu gempa bumi paling mematikan di dunia pada tahun ini.
Gempa bumi di Afghanistan merupakan salah satu gempa bumi paling mematikan di dunia pada tahun ini. /Reuters.com

 

 

BERITA KBB - Gempa bumi dengan magnitudo 6,3 yang mengguncang Afghanistan pada Sabtu, 7 Oktober 2023 telah mengakibatkan lebih dari 2.400 korban tewas, menurut pemerintah Taliban yang menguasai negara tersebut. Gempa ini merupakan salah satu gempa paling mematikan yang melanda Afghanistan dalam dua dekade terakhir. Apa penyebab dan dampak dari gempa bumi di Afghanistan ini?

Penyebab Gempa Bumi di Afghanistan

Menurut Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS), gempa bumi di Afghanistan terjadi akibat aktivitas tektonik di zona subduksi antara lempeng Eurasia dan India. Lempeng India bergerak ke utara dengan kecepatan sekitar 4,5 centimeter per tahun dan menyelusup di bawah lempeng Eurasia, menciptakan tekanan yang dapat memicu gempa bumi.

 Baca Juga: Pemprov Jabar Tegaskan Diskusi Politik Tak Boleh Dilakukan di Gedung Pemerintah

Zona subduksi ini membentang dari Pakistan hingga Tajikistan, melintasi Afghanistan dan Iran. Daerah ini sering mengalami gempa bumi besar, seperti gempa bumi Kashmir tahun 2005 yang menewaskan lebih dari 80.000 orang2 dan gempa bumi Bam tahun 2003 di Iran yang menewaskan lebih dari 26.000 orang3.

 

Gempa bumi di Afghanistan terjadi pada kedalaman sekitar 210 kilometer, yang termasuk dalam kategori gempa bumi dalam. Gempa bumi dalam cenderung lebih merusak daripada gempa bumi dangkal karena energinya lebih terkonsentrasi dan dapat menyebar ke daerah yang lebih luas.

 

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: berbagai sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x