BMKG: Cuaca Ekstrem Hantam NTT Hingga Bengkulu Dalam Sepekan ke Depan, Cek Daftar Provinsi Terdampak di Sini

- 17 November 2023, 07:15 WIB
BMKG: Cuaca Ekstrem Hantam NTT Hingga Bengkulu Dalam Sepekan ke Depan, Cek Daftar Provinsi Terdampak di Sini
BMKG: Cuaca Ekstrem Hantam NTT Hingga Bengkulu Dalam Sepekan ke Depan, Cek Daftar Provinsi Terdampak di Sini /
 

Berita KBB - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan adanya potensi cuaca ekstrem hujan sedang hingga deras dalam kurun Jumat-Kamis 17-23 November 2023 di sejumlah provinsi, di antaranya Nusa Tenggara Timur dan Bengkulu.


Menurut laporan peringatan dini cuaca ekstrem yang dikeluarkan BMKG Kamis 16 November 2023, dalam kurun sepekan ke depan hujan sedang hingga deras berpotensi terjadi di Sumatra bagian utara hingga tengah, Jawa bagian barat, sebagian besar Kalimantan, Sulawesi bagian tengah, dan Papua.


Dalam laporan tersebut, BMKG menjelaskan potensi cuaca ekstrem ini dipengaruhi Bibit Siklon Tropis TD 17W yang terpantau di Samudera Pasifik Barat utara Papua dengan kecepatan angin maksimum 20 knot dan tekanan 1006.8 hPa.

 

Bibit Siklon Tropis TD 17W bergerak ke barat laut dengan potensi menjadi siklon tropis dalam 24 jam ke depan tergolong rendah, dan membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin yang memanjang dari Kepulauan Halmahera hingga Samudra Pasifik Utara Papua Barat.


Daerah perlambatan angin di wilayah lainnya Indonesia terpantau memanjang dari Laut Natuna hingga Kalimantan Tengah bagian utara, dari pesisir barat Sumatera Utara hingga Riau, dan dari Laut Jawa hingga Kalimantan Timur.


BMKG juga memantau adanya daerah pertemuan angin yang memanjang di Laut Cina Selatan, Samudera hindia barat Sumatera Barat, Sulawesi bagian tengah, Maluku Utara, dan Perairan utara Papua.


Daerah perlambatan dan pertemuan angin ini mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitarnya, sementara Bibit Siklon Tropis TD 17W juga dapat meningkatkan ketinggian gelombang perairan yang dilewatinya


Berdasarkan temuan ini, BMKG memperkirakan hujan sedang hingga deras selama 7 hari ke depan berpotensi terjadi di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Bengkulu, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah, dan Papua.


Bagi masyarakat yang berdomisili di provinsi-provinsi tersebut agar waspada terhadap gejala cuaca ekstrem yang timbul berupa hujan deras, hujan es, serta dampak yang ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, dan jalan licin.


Berikut daftar wilayah yang berpotensi mengalami cuaca ekstrem hujan sedang hingga deras selama kurun Jumat-Kamis 17-23 November 2023. Perlu dicatat bahwa informasi ini bersifat prakiraan, sehingga cuaca yang timbul bisa saja berbeda.

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x