Lepas Titel Ketua KPK Imbas Dugaan Pemerasan Eks Mentan SYL, Firli Bahuri: Saya Tak Ingin Perpanjang Jabatan

- 23 Desember 2023, 07:27 WIB
Firli Bahuri Nyatakan Mundur Dari Ketua KPK Saat Sedang Diusut Dugaan Pelanggaran Etik, Praswad: Upaya Melarikan Diri (Instagram)
Firli Bahuri Nyatakan Mundur Dari Ketua KPK Saat Sedang Diusut Dugaan Pelanggaran Etik, Praswad: Upaya Melarikan Diri (Instagram) /
 
 
Berita KBB - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) nonaktif Firli Bahuri telah mengajukan pengunduran diri sebagai Komisioner lembaga antirasuah itu.
 
Firli bahuri mundur dari jabatan Ketua KPK karena terlibat kasus dugaan pemerasan terhadap eks Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo sebagai tersangka, dan menerima suap.
 
Dalam pengakuannya, Firli Bahuri menyebut dirinya menjabat Ketua KPK selama empat tahun, sejak 20 Desember 2019 hingga pengunduran dirinya.
 
 
"Saya menyatakan berhenti dan saya juga menyatakan tidak berkeinginan untuk memperpanjang masa jabatan saya," ujar Firli Bahuri di Gedung ACLC KPK, Kamis 21 Desember 2023 seperti dikutip Berita KBB dari PMJ News.
 
"Saya mengucapkan terima kasih kepada Bapak Presiden, Bapak Joko Widodo dan Bapak Wakil Presiden Bapak Ma'ruf Amin dan segenap anak bangsa di mana pun berada yang telah membersamai saya," lanjutnya.
 
Firli menambahkan, dirinya sudah mengabarkan soal pengunduran dirinya ke Dewan Pengawas (Dewas) KPK.
 
Selain pada Dewas KPK, Firli menyebut surat pengunduran dirinya sebagai ketua lembaga antirasuah juga disampaikan kepada Presiden Jokowi melalui Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg).
 
 
"Tadi bertemu dengan pimpinan, ketua dan anggota Dewas. Saya hari ini agendanya menyampaikan terkait dengan pernyataan saya yang telah saya sampaikan kepada Presiden RI melalui Mensesneg," demikian Firli.
 
Diketahui, Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) mengumumkan telah menerima surat pengunduran diri Firli Bahuri dari jabatan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), pada Senin 18 Desember 2023 lalu.
 
Pengunduran diri Firli Bahuri dari kursi Ketua KPK diungkapkan Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana. Menurutnya, surat pengunduran diri tersebut kini sedang diproses.
 
"Kementerian Sekretariat Negara telah menerima surat tertanggal 18 Desember 2023 dari Bapak Firli Bahuri kepada Presiden yang menyampaikan pengunduran diri beliau dari jabatan Ketua dan pimpinan KPK,” ujar Ari pada Kamis 21 Desember 2023, seperti dikutip Berita KBB dari PMJ News.
 
 
Menyusul surat pengunduran diri Firli Bahuri, Ari mengatakan Presiden Jokowi akan segera mengeluarkan keputusan presiden. Jokowi sendiri baru saja tiba di Jakarta, usai melakukan kunjungan kerja ke Ibu Kota Negara Republik Indonesia (IKN).***

 

Editor: Siti Mujiati

Sumber: PMJ News


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah