Waspada! Indonesia Ada di Bawah Bayang-Bayang Puting Beliung Bulan Maret-April 2024, Berikut Penjelasan BMKG

- 28 Februari 2024, 14:45 WIB
Fenomena angin puting beliung yang melanda Kabupaten Sumedang dan Bandung beberapa waktu lalu.
Fenomena angin puting beliung yang melanda Kabupaten Sumedang dan Bandung beberapa waktu lalu. /PR Sumedang /Muhammad Sukri

Berita KBB - Bila Anda berencana bepergian pada bulan Maret dan April 2024 mendatang atau bekerja lapangan harian, ada baiknya untuk waspada terhadap potensi angin puting beliung yang diprediksi terjadi di seluruh wilayah Indonesia.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi kemungkinan terjadinya angin puting beliung pada bulan Maret dan April 2024 mendatang.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan, angin puting beliung diprediksi terjadi di seluruh Indonesia.

“Kemungkinan untuk terjadi puting beliung ini masih terjadi selama Maret-April, pancaroba," ujar Dwikorita, dikutip dari laman BMKG pada Rabu 28 Februari 2024.

Lanjutnya, potensi puting beliung yang dapat terjadi di seluruh Indonesia pada Maret-April 2024 ini disebabkan kondisi awan yang merata di wilayah Tanah Air.

Baca Juga: Tornado di Rancaekek Hancurkan Pabrik dan Rumah, Ini Perbedaan Dengan Angin Puting Beliung

Oleh karena itu, Dwikorita mengimbau masyarakat untuk waspada. Ia juga menyarankan jika terjadi angin puting beliung, masyarakat segera mencari perlindungan yang aman.

"Jangan di bawah pohon, karena juga akan terjadi, antara awan itu kan juga bisa terjadi kilat petir. Atau dari awan ke bumi juga terjadi kilat petir," jelasnya.

Ia menyarankan agar masyarakat berlindung di dalam rumah atau gedung yang kokoh bila terjadi angin puting beliung.

Halaman:

Editor: Lizikri Damar Tanjung Novela Andelin

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x