Tiga Sapi Simental dan Limosin Berbobot Sekitar 1,2 Ton Terpilih Jadi Sapi Kurban Presiden

- 14 Juni 2024, 15:39 WIB
Terpilihnya sapi asal Kota Bandung menjadi sapi kurban presiden bukan yang pertama kalinya. Sebelumnya, tahun 2022 dan 2023 terpilih juga sapi sebanyak 1 ekor.
Terpilihnya sapi asal Kota Bandung menjadi sapi kurban presiden bukan yang pertama kalinya. Sebelumnya, tahun 2022 dan 2023 terpilih juga sapi sebanyak 1 ekor. //bandung.go.id

BERITA KBB - Tiga ekor sapi dengan bobot sekitar 1,2 ton jenis simental dan limosin, milik peternak di Kota Bandung, setelah melalui seleksi yang ketat, terpilih dan layak menjadi salah satu hewan kurban Presiden Jokowi tahun ini.

"Setelah kita mengajukan dan melalui berbagai proses seleksi itu termasuk kemarin terakhir pengecekan kesehatan bisa lolos menjadi hewan kurban presiden," kata Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan DKPP Kota Bandung Wilsandi Saefullah di Balai Kota, Rabu 13 Juni 2024.

Sapi yang diminati Presiden tersebut merupakan milik peternak bernama Vandry Dwitama asal Cibiru Kota Bandung. Ketiganya diberi nama Ganesha, Ragasa dan Gerengseng, memiliki berat masing-masing 1.103 kg, 1.130 kg dan 1.188 kg dengan harga Rp100 juta.

Ketiga sapi tersebut telah melalui proses seleksi mulai dari proses penjaringan dari level provinsi lalu diperiksa tim Kepresidenan mulai pemeriksaan tinggi badan, lingkar badan sampai pemeriksaan darah untuk diuji di laboratorium.

Baca juga: KAI Tambah Belasan Kereta Antisipasi Lonjakan Penumpang Idul Adha

"Tentunya ini sebuah kebanggaan karena sapi dari peternak asal Kota Bandung terpilih Presiden untuk dijadikan hewan kurban," ujarnya.

Terpilihnya sapi asal Kota Bandung menjadi sapi kurban presiden bukan yang pertama kalinya. Sebelumnya, tahun 2022 dan 2023 terpilih juga sapi sebanyak 1 ekor.

Nantinya, ketiga dari tersebut akan disembelih di Istana Cipanas, Masjid Istiqlal, dan Masjid Raya Al Jabbar.

Sementara itu, Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono mengungkapkan, bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyalurkan bantuan kemasyarakatan berupa sapi dalam rangka Iduladha 1445 Hijriah untuk bantuan kemasyarakatan.

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky

Sumber: setneg.go.id bandung.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah