Rawan Meletus, Gunung Merapi Saat Ini Berstatus Siaga Level III, 1.294 Warga Dievakuasi

- 12 November 2020, 17:28 WIB
Gunung Merapi, status Siaga (level III): BNPB menyebutkan telah ada 1.294 warga di empat kabupaten yang telah di evakuasi terkait antisipasi bencana dari Gunung Merapi.
Gunung Merapi, status Siaga (level III): BNPB menyebutkan telah ada 1.294 warga di empat kabupaten yang telah di evakuasi terkait antisipasi bencana dari Gunung Merapi. /(portaljogja.com/Panji Arkananta)




BERITA KBB – Gunung Merapi saat ini dalam status Siaga. Badan Nasional Penanggulangan Bencana melaporkan, 1.294 warga dievakusi di empat kabupaten, yakni Boyolali, Magelang, Klaten, dan Sleman.

Para warga yang dievakuasi sebagian besar merupakan kelompok rentan, seperti lanjut usia, anak-anak, balita, ibu hamil, disabilitas dan ibu menyusui.

Adapun Jumlah total warga yang dievakuasi tertinggi di Kabupaten Magelang dengan jumlah 835 jiwa, disusul Sleman 203, Boyolali 133, dan Klaten 123. Para pengungsi tersebar di tempat evakuasi sementara (TES) maupun tempat evakuasi akhir (TEA).

Baca Juga: Profil dan Biodata Mayang Yudittia, Pemeran Michelle di Sinetron Ikatan Cinta RCTI, Saingan Andin?

Baca Juga: Ramalan Zodiak Cancer, Leo dan Virgo Besok Jumat 13 November 2020: Cinta hingga Pekerjaan

Pada masa kesiapsiagaan, BPBD setempat terus mengevaluasi tantangan yang dihadapi apabila kondisi semakin kritis, seperti jalur dan transportasi evakuasi, jalur dan peralatan komunikasi, maupun penerapan protokol Kesehatan saat proses evakuasi maupun di tempat penampungan.

Meski terdapat banyak warga dievakuasi, BNPB telah memastikan ketersediaan kebutuhan makan dan minum untuk para warga di tempat penampungan.

“Para sukarelawan membantu dalam penyediaan bahan baku seperti sayuran, dan juru masak yang diproses di dapur umum maupun mobil dapur lapangan,” ungkap Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Dr Raditya Jati dalam rilisnya, Kamis 12 November 2020.

Baca Juga: Link Live Streaming Ikatan Cinta RCTI Kamis 12 November, Al dan Andin Saling Merindu, Romantis

Baca Juga: Diperiksa KPK Hari Ini di Bandung, Bupati Bandung Barat Aa Umbara dan Wali Kota Banjar Ade Uu

Halaman:

Editor: Cecep Wijaya Sari

Sumber: Portal Jember


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x