Kehadiran Shin Tae-yong Melatih Timnas Indonesia Bisa Berbagi Strategi di Luar Sepak Bola

- 26 September 2022, 22:33 WIB
Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengatakan kehadiran Shin Tae-yong melatih Timnas Indonesia sangat menguntungkan bagi hubungan bilateral.
Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengatakan kehadiran Shin Tae-yong melatih Timnas Indonesia sangat menguntungkan bagi hubungan bilateral. /

BERITA KBB - Kehadiran Shin Tae-yong di Indonesia melatih Timnas Indonesia tidak hanya memajukan sepak bola.

Keberadaan Shin Tae-yong di Indonesia bisa untuk berbagi strategi dari negara asalnya, Korea Selatan.

Karena itu, menurut Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Mochamad Iriawan, kehadiran Shin Tae-yong menjadi keuntungan bagi hubungan bilateral antara Indonesia dan Korea Selatan.

Pria yang akrab disapa Iwan Bule itu mengatakan Korea Selatan merupakan negara yang budayanya bisa dikemas menjadi ikon global.

Dengan kehadiran Shin Tae-yong bisa saja mendorong negara asalnya untuk berbagi strategi demi memajukan Indonesia, tidak hanya sepak bola.

"Jadi melalui Shin Tae-yong pun kita bisa belajar ke Korea Selatan bagaimana mempatenkan produk budaya kita untuk lebih dikenal," kata Iwan Bule di Bandung, Jawa Barat, Senin 26 September 2022.

Menurut Iriawan, Korea Selatan dan Indonesia memiliki kesamaan dari segi kekayaan budaya.

Namun, kata dia, Indonesia belum punya pakem khusus untuk memonetisasi kekayaan budaya tanpa melanggar norma yang ada.

"Misal kita punya produk bola yang ada di Tangerang, lalu kita minta bintang-bintang Korea ini main sepak bola pake produk tersebut. Maka nilai ekonomis produk ini akan semakin tinggi," katanya.

Halaman:

Editor: Syamsul Maarif

Sumber: antaranews.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x