Usai Jadi Penyelamat Argentina, Emiliano Martinez Dapat Apresiasi Berupa Sarung Tangan Emas

- 20 Desember 2022, 21:24 WIB
Usai Jadi Penyelamat Argentina, Emiliano Martinez Dapat Apresiasi Berupa Sarung Tangan Emas
Usai Jadi Penyelamat Argentina, Emiliano Martinez Dapat Apresiasi Berupa Sarung Tangan Emas /ANTARA FOTO/Reuters-Matias Baglietto/hp
 
 
BERITA KBB - Dari bawah mistar, Emiliano Martinez memberikan rasa aman bagi para penggawa Argentina. Penyelamatan yang dia lakukan acap membawa Albiceleste membubung tinggi di setiap laga.
 
Hal itulah yang terjadi lagi di gelaran Piala Dunia 2022 ini. Dalam beberapa kesempatan, Martinez acap jadi penyelamat Argentina. Dia memang tidak menjadi aktor utama, tetapi dia membantu Argentina yang pada akhirnya jadi juara.
 
1. Banyak penyelamatan penting yang Martinez lakukan
 
 
Rataan penyelamatan Martinez memang tidak terlalu banyak di Piala Dunia 2022 ini. Whoscored mencatat, rataan penyelamatan Martinez hanya 0,7 kali per laga. Dia juga kerap kebobolan, baik itu di fase grup maupun di fase gugur.
 
Akan tetapi, Martinez mampu melakukan banyak penyelamatan krusial di Piala Dunia 2022 ini. Salah satu penyelamatan penting itu terjadi di laga final. Sepakan jarak dekat salah satu pemain Prancis sukses dia patahkan.
 
Dalam dua laga adu penalti lawan Belanda di perempat final dan Prancis di final, Martinez juga keluar sebagai pahlawan. Dia berhasil menahan sepakan dua pemain Belanda, juga menahan sepakan penalti Kingsley Coman saat lawan Prancis.
 
Berkat penyelamatan-penyelamatan apik Martinez ini, Argentina kerap terbantu keluar dari situasi sulit. Namun, sejatinya bukan kali ini saja Martinez jadi dewa penyelamat Argentina.
 
 
2. Jadi penyelamat Argentina di Copa America 2021
 
Emiliano Martinez 
 
Dalam gelaran Copa America 2021, Martinez juga menjelma penyelamat bagi Argentina di bawah mistar gawang. Di ajang tersebut, eks penjaga gawang Arsenal ini tampil sebanyak enam laga, mulai dari penyisihan hingga final.
 
Selama enam laga itu, Martinez berhasil menorehkan empat clean sheet. Bahkan, clean sheet ini sukses ditorehkan saat Argentina melawan tim-tim kuat macam Brasil maupun Uruguay.
 
Ciamiknya penampilan Martinez ini juga jadi salah satu faktor keberhasilan Argentina meraih gelar Copa America 2021. Sebab, gawang Argentina jadi sulit dibobol oleh lawan.
 
3. Apresiasi berupa sarung tangan emas
 
Emiliano Martinez memenangkan penghargaan Kiper Terbaik di Copa America 2021 
 
Buah dari penampilan ciamiknya, baik di ajang Copa America 2021 maupun Piala Dunia 2022, Martinez akhirnya diganjar penghargaan Sarung Tangan Emas. Dia sukses mengungguli kiper-kiper lain dalam dua ajang tersebut.
 
Khusus di Piala Dunia 2022, memang cerita berputar di sekitar Lionel Messi. Namun, tak boleh dilupakan juga bahwa Emiliano Martinez jadi sosok yang turut membantu cerita Messi berputar indah di Qatar.***

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x