Menpora Dito Tegaskan Naturalisasi Harus Miliki Darah Indonesia

- 3 Juni 2024, 22:03 WIB
Dito menegaskan proses naturalisasi yang saat ini adalah strategi jangka pendek. Ke depan proses naturalisasi akan diperketat filter dan kontrolnya.
Dito menegaskan proses naturalisasi yang saat ini adalah strategi jangka pendek. Ke depan proses naturalisasi akan diperketat filter dan kontrolnya. //Kemenpora

BERITA KBB - Proses naturalisasi atlet untuk kepentingan Timnas, dan harus memiliki darah Indonesia. Hal itu disampaikan Menpora Dito usai mengikuti rapat kerja dengan Komisi X dan III DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin siang 3 Juni 2024.

Dito menegaskan proses naturalisasi yang saat ini adalah strategi jangka pendek. Ke depan proses naturalisasi akan diperketat filter dan kontrolnya.

"Saya kira naturalisasi ke depan tidak dihentikan, tapi filter dan kontrolnya yang harus diperhatikan. Proses naturalisasi ini sendiri yang kebetulan pemain diaspora kita adalah strategi jangka pendek," kata Dito.  

Baca juga: Calvin Verdonk dan Jens Raven Akhirnya Disetujui DPR untuk Naturalisasi

Kepada Komisi X dan III DPR RI, Dito menyampaikan bahwa pemerintah dalam hal ini Kemenpora bersama PSSI tidak diam, dan akan terus memperhatikan proses pembibitan terhadap pemain nasional yang ada di Indonesia.  

"Kemenpora bersama PSSI tidak diam untuk jangka panjang proses pembinaan dengan memperkuat telent scouting, peningkatan SDM kepelatihan, penguatan Liga," ujatnya.

Dari sisi infrastruktur Kemenpora juga sudah membangun sport center di Cibubur, bahkan di IKN juga sudah dibangun untuk lapangan sepak bola bertaraf internasional. 

"Saya yakin 5 sampai 10 tahun atlet nasional kita akan bisa mengisi ruang untuk berprestasi demi Merah Putih di pentas internasional," ucapnya.

Dito juga menyampaikan, bahwa dengan naturalisasi semakin banyak pilihan pemain berkualitas yang memudahkan pelatih melakukan variasi rancangan formasi.

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky

Sumber: Kemenpora


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah