Cerita Mistis Parangtritis, Tempat Wisata Pantai Di Jogja yang Dikenal Keindahan Sunsetnya

- 30 April 2024, 18:10 WIB
Pengunjung tengah menikmati keindahan sunset di pantai Parangtritis, Jogjakarta.
Pengunjung tengah menikmati keindahan sunset di pantai Parangtritis, Jogjakarta. /tangkap layar ig wisatapantaiparangtritis/

BERITA KBB - Salah satu tujuan wisata di Jogjakarta atau Jogja yang terkenal dengan keindahan panorama sunsetnya, yakni pantai Parangtritis.

Parangtritis adalah pantai yang terletak di selatan Jogja, tepatnya 25 km dari pusat kota Jogja. Selain keindahannya yang menjadi magnet pengunjung, pantai Parangtritis ini juga dikelilingi oleh berbagai mitos.

Mitos dan cerita mistis yang membalut lokasi wisata Parangtritis itu justru menarik perhatian banyak wisatawan. Mitos yang paling terkenal adalah mitos tentang Nyi Roro Kidul.

Baca Juga: Leuwi Kanjeng Dalem Destinasi Wisata Menakjubkan Di Garut, Liburan Lebih Menantang Segala Usia

Konon, Nyi Roro Kidul adalah ratu dari seluruh makhluk halus yang bersemayam di laut selatan. Dia memiliki kecantikan yang luar biasa dan memiliki kekuatan magis yang sangat kuat.

Apa yang membuat Parangtritis terlihat indah adalah karena pantai ini bukan hanya merupakan tempat libur yang mempesona, tetapi juga merupakan tempat suci atau keramat.

Ratu dari Pantai Selatan yang dikenal dengan pakaiannya yang berwarna hijau. Sehingga wisatawan dilarang memakai pakaian berwarna hijau ketika berada di kawasan pantai ini karena Ratu Pantai Selatan akan murka.***

Editor: Mohammad Ridwan Anshori


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah