Mitos Parangtritis dan Nyi Roro Kidul, Pantai Eksotis di Jogja dengan Keindahan Sunsetnya

- 30 April 2024, 19:10 WIB
Pengunjung tengah menikmati indahnya hamparan pasir hitam di pantai Parangtritis, Jogjakarta.
Pengunjung tengah menikmati indahnya hamparan pasir hitam di pantai Parangtritis, Jogjakarta. /tangkap layar ig wisatapantaiparangtritis/

BERITA KBB - Mitos dan cerita mistis yang membalut lokasi wisata pantai Parangtritis, Jogjakarta yang dikenal dengan Jogja, kerap menjadi salah satu daya tarik tersendiri.

Yang membuat Parangtritis, Jogja memiliki beragam cerita mistis, konon Nyi Roro Kidul, dimana ratu dari seluruh makhluk halus yang bersemayam di laut selatan itu dipercaya selalu ada di Parangtritis.

Ini beberapa mitos dan cerita mistis yang kerap dikeramatkan oleh warga sekitar dan juga nelayan pantai selatan Jogja.

Baca Juga: Leuwi Kanjeng Dalem Destinasi Wisata Menakjubkan Di Garut, Liburan Lebih Menantang Segala Usia

1. Mitos yang santer beredar di kalangan warga Jogja adalah Pasir Hitam. Dimana hamparan pasir hitam sepanjang pantai Parangtritis, Jogja disebut sebagai Pasir Ajaib.

Dipercaya oleh masyarakat setempat bahwa pasir hitam tersebut bisa menyembuhkan. Salah satu mitos yang sering terdengar, bahwa pasir hitam di Pantai Parangtritis memiliki kekuatan penyembuhan dan bisa membantu mengobati penyakit kulit.

Namun berdasarkan pada hasil penelitian dinas terkait, bahwa pasir hitam yang ada di pantai tersebut merupakan hasil dari erosi batuan vulkanik dan mineral dari Gunung Merapi yang ada di sekitarnya.

Baca Juga: 15 Link Twibbon Memperingati Hari Buruh 1 Mei 2024, Unggah Ke Media Sosialmu

Tidak ada bukti ilmiah yang mendukung klaim bahwa pasir ini memiliki keajaiban penyembuhan. Meski memiliki kandungan mineral.

Halaman:

Editor: Mohammad Ridwan Anshori


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah