Masih Ada Asa! Takluk dari Uzbekistan, Garuda Muda Punya Dua Nyawa Tersisa Untuk Lolos Ke Olimpiade Paris 2024

- 30 April 2024, 10:24 WIB
Timnas Indonesia gagal lolos ke final Piala Asia U-23 usai kalah 0-2 dari Uzbekistan U-23.
Timnas Indonesia gagal lolos ke final Piala Asia U-23 usai kalah 0-2 dari Uzbekistan U-23. /Tanjunpinang.Pikiran-rakyat./PSSI.org

Berita KBB - Timnas Indonesia U-23 masih harus menunggu sedikit lebih lama untuk bisa lolos ke Olimpiade Paris 2024 setelah ditundukkan Uzbekistan U-23 pada babak semifinal Piala Asia AFC U-23 yang digelar di Abdullah bin Khalifa Stadium, Qatar, Senin 29 April 2024 malam WIB.

Dilansir Antara, dalam laga babak semifinal tersebut, Garuda Muda takluk 0-2 melalui gol Khusain Norchaev pada menit ‘68 dan gol bunuh diri Pratama Arhan pada menit ‘86. Timnas sempat menjebol gawang lawan lewat Muhamad Ferrari sebelumnya, tetapi dianulir wasit.

Meski tak lolos ke final, Indonesia masih berpeluang lolos ke Olimpiade Paris 2024 lewat jalur perebutan peringkat ketiga melawan Irak. Jika takluk dari Irak, masih ada babak playoff melawan Guinea U-23 yang harus dimenangkan Garuda Muda pada 9 Mei 2024 mendatang.

Perlawanan berbeda ditemui Indonesia saat bertemu Uzbekistan, yang memberikan tekanan kepada Indonesia sejak awal pertandingan. Namun pertahanan kokoh yang dikendalikan kapten Rizki Ridho membuat babak pertama berakhir 0-0.

Babak kedua, Indonesia mencetak gol pada menit ‘61 berkat Muhammad Ferrari, tetapi wasit menganulirnya setelah melihat Video Assistant Referee (VAR) karena ada pemain Garuda Muda yang terjebak offside.

Baca Juga: Lewat Akun X, Jokowi Ucapkan Selamat Untuk Timnas U-23 Melaju Ke Semifinal Piala Asia U-23: Sangat Bersejarah!

Timnas asuhan Shin Tae-yong kebobolan pada menit ke-68 akibat tendangan Khusain Norchaev. Skor 1-0 untuk keunggulan Uzbekistan U-23.

Indonesia U-23 terpaksa kehilangan satu pemain setelah Rizky Ridho harus keluar lapangan lantaran mendapat kartu merah dari wasit Shen Yinhao pada menit ke-84. 

Satu menit berselang, Indonesia harus menderita skor kekalahan 0-2 akibat gol bunuh diri Pratama Arhan. Skor tersebut menjadi hasil akhir pertandingan babak semifinal AFC U-23 Indonesia vs Uzbekistan.***

Editor: Lizikri Damar Tanjung Novela Andelin

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah