Sandboarding di Gumuk Pasir Parangkusumo Jogja, Asiknya Berseluncur Diatas Pasir Sambil Menikmati Indahny Alam

- 2 Mei 2024, 16:10 WIB
Seorang wisatawan saat mencoba Sandboarding di lokasi wisata Gumuk Pasir Parangkusumo, Jogja
Seorang wisatawan saat mencoba Sandboarding di lokasi wisata Gumuk Pasir Parangkusumo, Jogja /tangkap layar ig gumukpasir/

BERITA KBB - Jogjakarta orang kerap menyebutnya Jogja memiliki segudang lokasi wisata alam nan indah yang seolah tak pernah ada habisnya untuk dikunjungi.

Salah satu tempat wisata di Jogja yang kerap diburu para pecinta olahraga adrenalin adalah Gumuk Pasir Parangkusumo.

Gumuk adalah dalam istilah bahasa Jawa yang merujuk pada gundukan, sedangkan dalam istilah geologi dikenal dengan sebutan Sand Dunes.

Gundukan pasir atau Gumuk Pasir Parangkusumo yang terletak di Kabupaten Bantul, Jogja ini menjadi kebanggaan warga Jogja. Betapa tidak, hanya sedikit lokasi gumuk pasir di seluruh dunia. Salah satunya di Jogja.

Baca Juga: Cahaya Surga Goa Pindul, Lokasi Wisata Jogja yang Mengundang Adrenalin Sekaligus Suguhkan Panorama Menakjubkan

Fenomena gumuk pasir Parangkusumo ini sangat unik. Dengan ukuran yang besar dan tipe yang dikenal sebagai barchan. Biasanya, gundukan barchan memiliki ketinggian sekitar 5 - 15 meter dan dapat ditemui di negara-negara beriklim kering.

Tak ayal gundukan pasir yang cukup tinggi ini jadi salah satu arena untuk memicu adrenalin para wisatawan dengan olahraga Sandboarding.

Adrenalin para pengunjung sontak terpancing tatkala mendapati gundukan pasir yang menjulang di lokasi wisata Gumuk Pasir Parangkusumo.

Guuk Pasir Parangkusumo merupakan sallah satu tempat wisata favorit di Jogja. Destinasi ini wajib dikunjungi karena pengunjung dapat merasakan suasana gurun pasir.

Halaman:

Editor: Mohammad Ridwan Anshori


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah