Penyintas Covid-19 Bukan Aib, Dukungan Keluarga dan Masyarakat Diperlukan

- 30 Desember 2020, 21:16 WIB
Pasien covid-19 menjalani perawatan di rumah sakit.
Pasien covid-19 menjalani perawatan di rumah sakit. /Antara

BERITA KBB - Penyintas Covid-19 memerlukan pengelolaan stres dalam diri yang baik serta dukungan orang terdekat agar mampu sembuh dari penyakit yang dideritanya.

Menurut Dosen Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran Aulia Iskandarsyah, M.Psi., M.Sc., PhD, mengatakan, secara psikologis, ada beberapa fase reaksi seseorang saat dinyatakan positif Covid-19 berdasarkan diagnosis swab PCR.

Fase pertama, kata Aulia seperti yang dikutip dari laman www.hnpad.ac.id biasanya adalah penyangkalan bahwa seseorang positif Covid-19. Penyangkalan tersebut selanjutnya melahirkan respons diri berupa marah atau sedih.

Baca Juga: Jahat, Saat Muslim Dunia Tingkatkan Ibadah Hari Jumat, Warga Uighur Justru Dipaksa Makan Daging Babi

Sikap ini merupakan fase di mana kondisi mental seseorang mulai terganggu. Penurunan mental akan melahirkan sikap sedih, stres, hingga menutup diri. Fase terakhir adalah ketika seseorang mulai menerima bahwa ia terkena Covid-19.

Namun, Psikolog Kesehatan ini menjelaskan, bukan suatu aib jika seseorang terkena Covid-19. Wabah pandemi ini akan menyasar seluruh orang tanpa terkecuali.

Karena itu, Aulia menyarankan seseorang yang positif Covid-19 berdasarkan hasil swabPCR untuk membuka diri dengan menerima keadaan. Adaptasi tubuh yang cepat akan lebih mudah menentukan rencana selanjutnya.

Baca Juga: Hati-Hati, Jelang Tahun Baru, Kapolri Imbau Masyarakat Waspadai Munculnya Ancaman dan Provokasi

Konsultasi dengan Satgas atau tim medis harus segera dilakukan untuk menentukan upaya penanganan terbaik. Jika penyintas tidak mengalami gejala, ia bisa melakukan isolasi mandiri dengan pemantauan yang ketat.

“Mau gak mau kita harus patuh dengan protokol isolasi mandiri, jika ada kendala silakan konsultasikan dengan satgas,” tuturnya.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah