Terjun Membantu Warga Terdampak Pandemi, Mahasiswa UPI Ikuti KKN Tematik Online

- 31 Juli 2021, 22:29 WIB
KKN Tematik Online
KKN Tematik Online /

BERITA KBB - Pandemi berdampak pada banyak sektor, salah satu sektor yang terdampak yaitu pendidikan. Dampak pandemi mengharuskan masyarakat membatasi aktifitas di luar rumah, baik itu untuk bekerja atau belajar.

Terlebih setelah pemerintah kembali mengeluarkan kebijakan yang baru yaitu PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat). Pada kebijakan ini terdapat kurang lebih 14 poin dimana salah satunya yaitu kegiatan pembelajaran siswa dilaksanakan secara daring dirumah masing-masing.

Kegiatan pembelajaran daring atau pembelajaran jarak jauh ini tentunya memberikan dampak kepada siswa dan orangtua, salah satunya siswa mengalami kejenuhan dalam kegiatan pembelajaran. 

Baca Juga: Mahasiswa Kerap Jadi Sasaran saat Kritik Pemerintah, Rocky Gerung: Mereka Rentan untuk Dianiaya dan Diancam

Kondisi yang serba sulit akibat pandemi terutama di bidang pendidikan dan ekonomi menjadi tema yang diangkat oleh Universitas Pendidikan Indonesia dan Kementrian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat dalam melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata Tematik dengan tema “Membangun Desa melalui Bidang Pendidikan dan Ekonomi dalam Implementasi MBKM pada masa Pandemi Covid-19”.

Kegiatan KKN ini menugaskan mahasiswa UPI untuk terjun ke masyarakat dalam membantu problematika dan masalah yang sering terjadi dalam kondisi pandemi covid-19 ini baik dalam bidang pendidikan maupun bidang ekonomi.

Salah satu peserta KKN, Agus Fatoni dari Program Studi Perpustakaan dan Sains Informasi melaksanakan program penguatan pembelajaran daring kepada siswa-siswi di SD Negeri Pancasila Lembang melalui kegiatan TalkShow yang bertema “Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa untuk Meraih Cita-cita”.

Baca Juga: Sempat Buron, Akhirnya Pelaku Pemerkosa Mahasiswa di Makassar Berhasil Ditangkap, Polisi Ambil Tindakan Tegas

Selain itu, mahasiswa yang juga dibimbing oleh Bapak Masharyono selaku Dosen Pembimbing Lapangan kelompok 10 itu juga membuat program penguatan pembelajaran jarak jauh dan media pembelajaran yang efektif kepada orangtua siswa-siswi SDN Pancasila Lembang.

Kegiatan yang mulai dilaksanakan dari tanggal 12 juli sampai tanggal 18 juli 2021 ini cukup memberikan manfaat dan kesan yang cukup baik dari para siswa peserta kegiatan KKN Tematik online. 

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x