3 Tipe Anak Speech Delay, Cara Menangani Menurut Ahli: Khasima Noory M.Psi, Psikolog

- 18 Desember 2021, 17:54 WIB
Orang Tua Wajib Tahu! Tak Hanya Hindari Gadget, Berikut Ciri-ciri Speech Delay Pada Anak Balita
Orang Tua Wajib Tahu! Tak Hanya Hindari Gadget, Berikut Ciri-ciri Speech Delay Pada Anak Balita /Pexels/
BERITA KBB - Anak speech delay bisa membuat orang tua khawatir. Kepanikan ini terjadi, karena orang tua tidak tahu cara menangani anak speech delay tersebut.
 
Beberapa cara menangani anak speech delay yang dikemukakan oleh ahli bisa diterapkan oleh orang tua yang memiliki anak speech delay atau anak terlambat bicara. 
 
Hal mendasar sebagai orang tua adalah tidak mudah panik. Anak dibuat senyaman mungkin untuk tumbuh di lingkungan keluarga.
 
 
 
 
Berikut adalah cara menangani anak speech delay menurut ahli bernama Khasima Noory M.Psi,Psikolog:
 
 1.  Orang tua rajin memberikan stimulasi pada anak
 
Orang tua yang memiliki anak terlambat bicara disarankan untuk jangan malas memberikan stimulasi.
 
Stimulasi untuk menangani anak speech delay itu seperti; membaca buku bergambar bersama dan menyanyi dengan anak disertai gerakan tangan yang semarak. Tujuannya agar belajar lebih menyenangkan. 
 
 
 
 
Apabila anak lebih cenderung aktif bergerak dan terlihat kurang bisa fokus dapat dibantu dengan aktivitas fisik seperti bernyanyi dengan melompat dan bertepuk tangan. Tujuannya agar anak mampu mengendalikan emosi, tubuhnya, dan mudah belajar.
 
 2.  Latih anak speech delay dengan gerakan mulut, apabila anak juga mengalami susah makan
 
Anak susah makan dan speech delay seringkali membuat orang tua merasa cemas kuadrat. Pelatihan terhadap anak dengan tipe begini adalah dengan aktivitas; meniup, menjilat, dan mengunyah.
 
Jangan lupa untuk selalu tersenyum saat membersamai anak berlatih gerakan mulut, berikan contoh dan anak dengan senang hati menirukan gerakan orang tuanya. 
 
 
 
 
 3. Latihan terhadap anak speech delay dengan disertai keterlambatan pada kemampuan lain
 
Bagi orang tua selalu dianjurkan untuk tidak mudah panik. Jangan menunjukkan wajah sedih di hadapan anak. Itu akan membuat anak tidak dapat bertumbuh dengan baik dan bahagia. 
 
Keterlambatan lain pada anak speech delay adalah seperti sulit memahami pelajaran dan sulit menirukan apa yang telah dicontohkan. Kalau hal ini terjadi disarankan agar secepatnya melakukan konsultasi dengan mendatangi psikolog agar mendapat penanganan berlanjut yang tepat. 
 
Demikian adalah ulasan tengang cara menangani tiga tipe anak speech delay menurut ahli Khamsha Noory M.Psi, Psikolog.***
 
 
 

Editor: Ade Bayu Indra

Sumber: Tik Tok psikologianak.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah