Peringati Milad ke 64, Unisba Gelar Webinar Nasional Kajian Aspek Kehalalan Pada Produksi Sediaan Farmasi

- 16 November 2022, 12:53 WIB
/


BERITA KBB -Dalam rangka memperingati Milad ke 64, Unisba menyelenggarakan Webinar Nasional ‘Kajian Aspek Kehalalan Pada Produksi Sediaan Farmasi’ yang dilaksanakan melalui Zoom Meeting pada Sabtu (15/11/2022).

Ketua Pelaksana Milad ke 64 Unisba, Abdul Kudus, S.Si., M.Si., Ph.D., mengatakan, kegiatan ini erat kaitannya dengan upaya Unisba untuk mewujudakna Visi dan Misi dengan ciri khas ke-Islaman-nya.

“Ini tergambar dari sivitas akademika Unisba yang mengkaji masalah kehalalan. Untuk ini tema ini diangkat agar sivitas akademika bisa menjadi ragi dalam masyarakat dan bermanfaat bagi masyarakat, serta menjadi motor perubahan dalam masyarakat,” ungkapnya.

Baca Juga: Tokoh Jabar Didorong Maju Dalam Kontestasi Pilpres 2024

Kegiatan ini menghadirkan tiga orang narasumber yakni Kepala Pusat Penelitian Halal – Lembaga Penelitian Universitas YARSI, Dr. Anna Priangani Roswiem, M.S., Head of Corporate Quality Audit Pharmacovigilence & QRM Dexa Group, apt. Evi Dwi Novianry, S.Si., M.Sc., dan Dosen Program Studi Farmasi FMIPA Unisba & Ketua Kelompok Kajian Halal Sains Unisba, apt. Diar Herawati, M.Si.


Pemateri pertama Anna mengatakan, saat ini banyak bahan haram/syuhbat yang digunakan dalam pembuatan obat. Menurutnya, penggantian bahan alternatif yang terjamin kehalalannya, bisa dilakukan dan didapatkan.


Ia menekankan, masalah darurat hanya dibenarkan bila obat tersebut memang hanya satu-satunya obat dan kebenarannya dapat dibuktikan secara ilmiah dan perlu fatwa dari ulama.

Baca Juga: Daftar Pemain FTV Supir Tembak Panah Asmara, Ada Hardi Fadhillah dan Yuriska Patricia

“Penggunan obat-obatan yang najis diperbolehkan jika bersifat kondisional (pada kondisi mendesak untuk dibutuhkan) dan temporal (hingga ditemukan obat yang suci/halal). Diluar dua keadaan tersebut, tidak dibolehkan,” tegasnya.


Pemateri kedua Evi mengungkapkan, proses sertifikasi halal di industri farmasi untuk produk obat-obatan merupakan bagian dari komitmen dalam memenuhi kebutuhan dan kenyamanan pelanggan.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x