Dorong Revolusi Wirausaha Pemerintah dan Kampus Berperdalam Membangun Ekosistem Inovatif Wirausaha Indonesia

- 13 Juni 2023, 21:51 WIB
Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Teten Masduki (kedua kiri) berdiskusi dengan mahasiswa yang berwirausaha di sela-sela mengisi kuliah umum dengan tema Kebijakan Pemerintah bagi Pengembangan Kewirausahaan Millenials di Auditorium Gedung Freeport Sekolah Bisnis Manajemen (SBM) ITB
Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Teten Masduki (kedua kiri) berdiskusi dengan mahasiswa yang berwirausaha di sela-sela mengisi kuliah umum dengan tema Kebijakan Pemerintah bagi Pengembangan Kewirausahaan Millenials di Auditorium Gedung Freeport Sekolah Bisnis Manajemen (SBM) ITB /Ade Bayu Indra/Berita KBB /

BERITA KBB - Syarat untuk menjadi sebuah negara maju, suatu negara minimal memiliki 4% dari populasinya sebagai pengusaha. Sayangnya, pada saat ini Indonesia baru mencapai persentase 3.47% yang masih dianggap rendah jika dibandingkan dengan negara-negara tetangga seperti Singapura (8.6%) serta Malaysia dan Thailand (di atas 4.5%).

Hal ini saat ini menjadi tantangan tersendiri bagi lembaga pendidikan di Indonesia khususnya perguruan tinggi untuk menciptakan lulusan-lulusan yang tak lagi hanya siap untuk menjadi pegawai pemerintah dan swasta, tetapi juga siap untuk menjadi wirausahawan.

Hari ini, pada Senin, 12 Juni 2023, Auditorium Lantai 6 Gedung Freeport SBM ITB menjadi saksi dari Kuliah Umum yang diadakan khusus untuk mahasiswa kewirausahaan Sekolah Bisnis dan Manajemen Institut Teknologi Bandung (SBM ITB).

Baca Juga: Rex Orange County Gelar Tour Konser Di Asia, Catat Jadwal di Jakarta!

Acara ini menjadi istimewa karena diisi oleh Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia, Teten Masduki, sebagai dosen tamu spesial. Diawali dengan sambutan hangat dari Prof. Dr. Ir. Jaka Sembiring M. Eng, Wakil Rektor bidang Akademik dan Kemahasiswaan ITB yang menjelaskan urgensi kelas ini sebagai wadah untuk belajar dan berdiskusi guna meningkatkan dan mengembangkan langkah-langkah kewirausahaan yang dimulai dari lingkup perkuliahan, acara yang dimoderatori oleh Prof. Wawan Dhewanto, PhD selaku Sekretaris Senat Akademik ITB berlangsung dengan sangat interaktif dan penuh antusiasme.

Diperkenalkan sebagai seseorang yang tidak pernah melamar kerja tapi berhasil menciptakan lapangan pekerjaan oleh moderator, Teten membawakan kuliah dengan judul “Kebijakan Pemerintah bagi Pengembangan Kewirausahaan Millenials”.

Memulai perkuliahan, Teten membagikan pengalamannya melakukan survey bertahun-tahun lalu, yang menunjukkan hasil bahwa 72% pemuda di Indonesia ingin menjadi pengusaha. Beliau menegaskan bahwa kemauan itu ada sejak lama, namun tindakan nyata untuk mewujudkannyalah yang harus lebih banyak dilakukan sekarang, dan saat ini, kampus memiliki peran untuk mewujudkan kebutuhan Indonesia dalam menciptakan 4 juta kebutuhan wirausaha di Indonesia untuk dapat menjadi negara maju. 

Baca Juga: Sinopsis Serial Imlie ANTV Selasa, 13 Juni 2023: Imlie Liput Ungkapan Kebenaran Tentang Bini dan Pagdandia

Fakta yang terjadi di lapangan, saat ini 99.9% Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia kebanyakan berbisnis karena nasib atau tidak adanya pilihan lain.

Pun sangat disayangkan bahwa mayoritas masih terjebak di tahapan menjual produk-produk mainstream hasil produksi negara lain. Hal ini mengindikasikan bahwa Indonesia perlu melakukan perubahan perilaku untuk menjadi produsen di negaranya sendiri.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x