Kontes Robot Indonesia Tingkat Nasional 2020 Pertandingkan 6 Divisi Lomba dengan Protokol Covid

- 18 November 2020, 21:41 WIB
Peserta Kontes Robot Indonesia 2020
Peserta Kontes Robot Indonesia 2020 /ITB

BERITA KBB — Rangkaian kegiatan Kontes Robot Indonesia tingkat nasional tahun 2020 diselenggarakan mulai 16 November 1020 - 24 November 2020 secara daring oleh Pusat Prestasi Nasional bekerja sama dengan Institut Teknologi Bandung sebagai tuan rumah.

Kontes Robot Indonesia adalah kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, yang diikuti oleh mahasiswa dari Perguruan Tinggi di Indonesia.

KRI Tingkat Nasional tahun 2020 akan mempertandingkan 6 divisi lomba, yaitu:
1. Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI);
2. Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI);
3. Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Beroda;
4. Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Humanoid;
5. Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI); dan
6. Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI) yang baru diselenggarakan mulai tahun 2019 lalu.

Baca Juga: Jangan Sepelekan! Begini Tips Rawat Kesehatan Mata

Ketua Dewan Juri KRI Nasional Prof. Benyamin Kusumoputro mengatakan, KRI Nasional tahun 2020 diselenggarakan dalam beberapa tahap.

Pada tahap awal seluruh calon peserta harus melalui dua kali seleksi (seleksi proposal dan seleksi kemajuan robot). Peserta yang lolos seleksi diundang untuk mengikuti Kontes Robot Indonesia Tingkat Wilayah.

Tim peserta dengan prestasi terbaik pada tingkat wilayah, diundang untuk mengikuti KRI Tingkat Nasional. Pada tingkat nasional, terdapat 150 tim peserta yang akan bertanding dari 67 perguruan tinggi yang berbeda.

Baca Juga: BLT Subsidi Gaji Belum Cair Juga? Begini Cara Cek Bantuan Tahap 3 Gelombang 2 BPJS Ketenagakerjaan

Karena pandemi COVID-19, maka penyelenggaran KRI Nasional 2020 harus diselenggarakan secara daring. Selain terkait dengan protokol kesehatan, dua tantangan utama yang harus dihadapi dalam pelaksanaan KRI Daring 2020 adalah fairness dan fairplay.

Fairness berarti semua tim memiliki kemampuan teknologi dan infrrastuktur pendukung yang sama. Sementara fairplay yakni semua tim yang mengikuti kontes bisa bermain dengan jujur dan tanpa melakukan kecurangan apapun.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah