Pemprov Jabar Targetkan 50.000 Produk UMKM Jabar Terjual Melalui Marketplace Borongdong.id

- 7 Februari 2021, 21:05 WIB
/Humas Jabar/

BERITA KBB - Pandemi COVID-19 tidak hanya menyerang sektor kesehatan, tetapi juga melumpuhkan perekonomian.

Pembatasan mobilitas secara besar-besaran membuat roda produksi Usaha, Kecil, dan Menengah (UMKM) berhenti bahkan ada yang gulung tikar.

Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jawa Barat (Jabar) intens berinovasi untuk membangkitkan UMKM. Salah satunya dengan menggagas program ICALAN (Inovasi Cara Penjualan).

Baca Juga: Wagub Jabar Ajak Goweser Gunakan Produk Buatan Indonesia, Keren

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jabar Dedi Taufik mengatakan, dalam program ICALAN, pihaknya bersama Komite Ekonomi Kreatif dan Inovasi (KREASI) Jabar dan bank bjb menghadirkan marketplace bernama borongdong.id.

"Pelaku UMKM dan pelaku ekonomi kreatif (ekraf) di Jabar dapat memasarkan produknya di platform tersebut," kata Dedi.

Dedi menjelaskan, ada sejumlah syarat dan ketentuan yang mesti dipenuhi pelaku UMKM dan ekraf untuk menjadi mitra borondong.id. Syarat dan ketentuan itu menjadi landasan dalam proses penyaringan.

Baca Juga: Pemkot Bandung Tampung Aspirasi Warga Khususnya Program Pemulihan Ekonomi Dampak Pandemi

Terdapat sejumlah keuntungan yang didapatkan pelaku UMKM dan ekraf apabila bergabung dalam borongdong.id. Pertama, produk menjadi terdigitalisasi. Pasar pun dipastikan akan meluas.

Selain itu, kata Dedi, pelaku UMKM dan ekraf memiliki kepastian pembeli. Dalam tahap awal, Aparatur Sipil Negara (ASN) menjadi sasaran prioritas.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x