Mendalam dan Unik, Karya Tulis dan Foto Peserta Writing and Photo Competition Darul Hikam

- 7 September 2021, 15:25 WIB
Juara lomba foto menulis
Juara lomba foto menulis /Tangkapan instagram @dpudeha/

BERITAKBB - Ratusan karya tulis menarik dan foto unik memeriahkan kegiatan Writing and Photo Competition Darul Hikam 2021 yang digelar Direktorat Dakwah dan Pemberdayaan Umat (DPU) Darul Hikam bertajuk “Darul Hikam Dulu, Kini, dan Nanti”.

Lomba yang digelar dalam rangkaian Milad ke-55 Darul Hikam ini memberi perspektif lebih luas perjalanan panjang eksistensi Darul Hikam dalam membina generasi berakhlak berprestasi serta memberdayakan umat melalui dakwah dan amal.

Wakil Ketua Yayasan Darul Hikam Neni Sri Imaniyati mengatakan, antusiasme masyarakat terhadap Writing and Photo Competition yang digelar DPU Darul Hikam cukup tinggi. Kendati masa pengiriman karya yang hanya sebulan, terhimpun ratusan karya tulis dan foto dari berbagai kalangan, mulai dari keluarga besar Darul Hikam yaitu siswa, guru, alumni, dan orangtua.

Baca Juga: Gubernur Jabar Ridwan Kamil Ajak Masyarakat Isi Kemerdekaan dengan Lomba Kebaikan

“Karya-karya luar biasa juga banyak diterima dari jemaah Darul Hikam, para fotografer dari komunitas-komunitas fotografi, jurnalis foto, penulis lepas, jurnalis tulis, dan akademisi. Tingginya animo ini tak terlepas dari banyak di antara para peserta lomba tulis dan foto Darul Hikam yang memang memiliki ikatan emosional kuat dengan sejarah Darul Hikam,” ucap Neni yang juga juri Writing Competition Darul Hikam.

Terbukti, Neni menegaskan, kuat dan dalamnya ikatan emosional para peserta terpancar dari karya foto yang menampilkan sudut-sudut ikonik, bersejarah, dan kegiatan sosial-humanis Darul Hikam. Begitu pula karya tulis yang memberikan sudut pandang yang holistik terhadap perjalanan panjang selama 55 tahun eksistensi Darul Hikam dalam membangun dunia pendidikan dan menguatkan dakwah Islam.

"Sekaligus, sudut pandang spesifik yang mengerucut pada perjuangan mendidik generasi berakhlak dan berprestasi, serta membina estafet dakwah dari masa ke masa," ujarnya.
Neni mengungkapkan, kedalaman tulisan dan uniknya angle foto dari para peserta memberikan sudut pandang berbeda serta cakrawala lebih luas.

Baca Juga: Mantap, Kota Bandung Wakili Jawa Barat pada Lomba Saber Pungli Nasional

Ternyata, fondasi pendidikan dan dakwah yang dibangun sang pendiri Darul Hikam, yaitu KH E. Hasbullah Hafidzi yang kemudian dikuatkan oleh para penerus telah menggoreskan peradaban di Bandung Raya, bahkan menjadi inspirasi munculnya gerakan pendidikan dan dakwah lainnya.

"Insya Allah, estafet pendidikan dan dakwah Darul Hikam di usia yang ke-55 tahun yang diamanahkan para pendiri dapat terus dilanjutkan dan semakin mewarnai peradaban bangsa," tutur Neni.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah