Musrenbangkom Jabar CorpU Kembangkan Kompetensi SDM ASN Jabar

- 24 Februari 2022, 22:20 WIB
/

Setiawan menegaskan, dalam implementasi Jabar Corporate University, harus ada kolaborasi dan sinergi yang kuat antara BPSDM dengan berbagai perangkat daerah, bahkan dengan pemerintah kabupaten dan kota di Jawa Barat.

Baca Juga: Lepas 397 ASN Purnabakti, Plt. Wali Kota Bandung Yana Mulyana ; Masa Pensiun Bukan Akhir untuk Berkarya

Beragam model proses pembelajaran harus dapat dikembangkan, namun tepat sesuai kebutuhan ASN, agar peningkatan kompetensi yang dicapai benar-benar mendukung kesuksesan misi pembangunan di Jawa Barat.

Sementara itu, Kepala BPSDM Jabar Hery Antasari mengatakan tujuan penyelenggaraan Musrenbangkom sebagai bagian dari Jabar CorpU ini terinspirasi dari proses Musyawarah Rencana Pengembangan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD).

"Diharapkan melalui misi Musrenbangkom Jabar CorpU itu dapat diikat komitmen terkait pengembangan SDM, melalui perjanjian kerja sama dan berita acara dengan semua perangkat daerah dan pemerintah daerah kabupaten kota di Jawa Barat,"

Baca Juga: Pemkot Bandung Bakal Tingkatkan Indeks Penerapan Sistem Merit ASN 2022

Selain itu, juga menyamakan frekuensi di top mind seluruh stakeholders pemerintahan dan unit kerja/ kepala perangkat daerah tentang mengenai pentingnya pengembangan SDM melalui kolaborasi.

"Misi itu bukan hanya tanggung jawab BPSDM, BKD dan Biro Organisasi Provinsi Jawa Barat,"ujarnya

Hery menyebutkan sebagai langkah awal dilakukan dengan menjaring dan memetakan kebutuhan jenis pengembangan kompetensi dari seluruh lembaga dilingkungan pemerintah daerah provinsi Jawa Barat dan Kabupaten Kota.

Baca Juga: 5 Daftar Sekolah Kedinasan Terbaik Yang Ingin Diangkat Jadi PNS/ASN Tanpa Tes

Lalu membuat basis data dengan mengintegrasikan dan mengharmonisasikannya dengan kebijakan pengembangan kompetensi yang sudah ada RPMN/RPJMD dan Ranwal RKPD, secara top down.

"Akhirnya, hasil analisa menghasilkan keputusan tentang prioritas kegiatan yang akan diakomodasi dalam RKPD 2023 dan tahun selanjutnya, sesuai penyelarasan dengan rencana timeline dalam RKPD,"ungkapnya

Kini, lanjut Hery, BPSDM Jabar lebih bertindak sebagai motor penggerak dari dinamika Jabar CorpU.

Baca Juga: Cetak SDM ASN yang Kompeten, Kemnaker Corpu Tempatnya

"BPSDM Jabar menjadi yang pertama menerapkan dan mengembangkan strategi ini di antara BPSDM lain se-Indonesia. Semua diupayakan dalam rangka menyukseskan misi Jabar Juara Lahir Batin dengan inovasi dan kolaborasi," pungkasnya.***

 

 

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x