Wujudkan Satu Data Penduduk, BPS Kota Bandung Bakal Sensus Penduduk Bulan Ini

- 11 Mei 2022, 20:30 WIB
Calon penumpang berjalan menuju ke dalam bus di Terminal Leuwi Panjang, Bandung, Jawa Barat, Minggu 24 April 2022. Usai Lebaran 2022, para penduduk pendatang diminta Surat Keterangan Tinggal Sementara oleh Disdukcapil Kota Bandung, Jawa Barat.
Calon penumpang berjalan menuju ke dalam bus di Terminal Leuwi Panjang, Bandung, Jawa Barat, Minggu 24 April 2022. Usai Lebaran 2022, para penduduk pendatang diminta Surat Keterangan Tinggal Sementara oleh Disdukcapil Kota Bandung, Jawa Barat. /Antara/Raisan Al Farisi/

BERITA KBB - Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Bandung bakal melanjutkan sensus penduduk bagi warga Kota Bandung. Hal itu diungkapkan Kepala BPS Kota Bandung Aris Budiyanto dalam Bandung Menjawab, Rabu 11 Mei 2022.

Aris mengatakan, sensus penduduk ini serentak dilakukan di Indonesia. Tujuannya untuk mewujudkan satu data penduduk.

"Sensus penduduk akan dilakukan pada 15 hingga 31 Mei 2022 mendatang," ujar Aris.

Baca Juga: 51 Persen Penduduk Kota Bandung Generasi Milenial dan Gen Z

Sebanyak 1.544 sampel di Kota Bandung akan disensus pada tanggal tersebut. Aris meminta kepada warga Kota Bandung untuk menerima petugas sensus yang bakal datang ke rumah.

Sebagai informasi, sensus penduduk lanjutan ini merupakan yang ketujuh sepanjang sejarah Indonesia. Secara teknis, sensus akan dilakukan secara luring alias rumah ke rumah (door to door).

Aris juga menyebut, nantinya akan ada berbagai masukan mengenai statistik penduduk Indonesia, khususnya Kota Bandung. Aspek ini meliputi jenis kelamin, usia, migrasi, pendidikan dan komunikasi.

Baca Juga: Inflasi Tinggi Hingga 50 Persen, Penduduk Argentina Lebih Memilih Bermain Game Untuk Hasilkan Uang

Selain itu, aspek lainnya seperti disabilitas dan tempat tinggal juga bisa didapat dari sensus ini.

“Nantinya sensus penduduk bisa menjadi rujukan resmi untuk pemerintah mengambil suatu kebijakan,” ucap Aris.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x