Tingkatkan Pelayanan, Bandung Zoo Perbaiki Fasilitas Difabel

- 29 Juli 2022, 08:09 WIB
Petugas menempelkan tulisan "Area Wajib Masker" di kawasan Bandung Zoo, Jalan Tamansari, Kota Bandung.
Petugas menempelkan tulisan "Area Wajib Masker" di kawasan Bandung Zoo, Jalan Tamansari, Kota Bandung. /Darma Legi/Galamedia/

BERITA KBB - Saat ini Bandung Zoo terus memperbaiki aksesibilitas untuk kalangan difabel (berkebutuhan khusus).

Bandung Zoo yang terletak di Jalan Taman Sari saat ini terus berbenah beragam fasilitas seperti untuk orang difabel atau disabilitas, dan rencananya terus dibenahi hingga ujung bulan Juli ini.


"kami bekerjasama dengan mahasiswa Itenas untuk melakukan evaluasi aksesibilitas bagi difabel atau orang-orang berkebutuhan khusus seperti yang menggunakan kursi roda, orang-orang cacat lainnya agar mereka bisa menikmati kebun binatang ini seperti layaknya orang normal." Ujar Markom Bandung Zoo, Sulhan Syafi'i.

Baca Juga: Perayaan Kelahiran Anak Kedua, Raffi Ahmad Bangun Kebun Binatang, Davina Veronica: Kenapa Tidak Perbaiki Zoo?

Menurut sejumlah mahasiswa dari Planologi Itenas, fasilitas penunjang untuk kaum difabel cukup baik. seperti jalan yang bisa dilalui oleh kursi roda, orang-orang yang menggunakan tongkat dan juga kaum-kaum tunanetra.

"Penelitian kami ini dilakukan untuk memberikan inputan pada Bandung Zoo agar bisa memperbaiki beberapa hal", ujar Afina Zahra, mahasiswi Itenas.

Menurut mereka fasilitas Toilet sudah memadai karena memiliki toilet khusus untuk penyandang cacat dan juga disiapin untuk ibu-ibu yang mengganti Pampers atau menyusui ada ruangan khusus di tempat tersebut.

Baca Juga: Gempa M 6, 1 Guncang Malang, Patung Gorila Setinggi 7 m di Batu Secret Zoo Roboh

Kemudian beberapa fasilitas lainnya seperti jalan yang bisa dilalui oleh karangan difabel. hanya di area perahu saja kaum difabel belum bisa memanfaatkannya dengan maksimal.

Berdasarkan rencana pembangunan area Bandung Zoo, fasilitas di perahu memang akan dikembangkan kemudian, Karena pada saat ini manajemen tengah fokus pembenahan kandang-kandang seperti kandang primata kecil, kandang burung rawa, kandang burung elang, dan juga akan memperbaiki zona Asia yang akan segera dilakukan setelah beberapa fasilitas kandang yang disebutkan di awal selesai.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah