Ini Dia Sejarah Singkat Kota Bandung yang Dibacakan Sekda Saat Hari Jadi Kota Bandung

- 25 September 2022, 23:19 WIB
Sekda Kota Bandung Ema Sumarna,  di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kota bandung, Minggu 25 September 2022.
Sekda Kota Bandung Ema Sumarna, di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kota bandung, Minggu 25 September 2022. /Adpim Kota Bandung/

BERITA KBB - Memperingati Hari Jadi ke-212 Kota Bandung, Sekretaris Daerah Kota Bandung membacakan sejarah singkat Kota Bandung. 

Sekitar akhir tahun 1808/awal tahun 1809, Bupati beserta sejumlah rakyatnya pindah dari Krapyak mendekati lahan bakal ibukota baru. 

Mula-mula Bupati tinggal di Cikalintu (daerah Cipaganti), kemudian pindah ke Balubur Hilir, selanjutnya pindah lagi ke Kampung Bogor (Kebon Kawung, pada lahan Gedung Pakuan sekarang). 

Baca Juga: Orang Utan Anak Asuh Ridwan Kamil dan Atalia Rayakan Ulang Tahun Ke-5

"Bupati memimpin sejumlah rakyatnya, termasuk penduduk Kampung Balubur Hilir, membuka hutan pada lahan bakal ibukota (daerah Cikapundung hilir)," ungkapnya di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kota bandung, Minggu 25 September 2022.

Tidak diketahui secara pasti, berapa lama Kota Bandung dibangun. Akan tetapi, kota itu dibangun bukan atas prakarsa Daendels, melainkan atas prakarsa Bupati Bandung, bahkan pembangunan kota itu dipimpin langsung oleh Bupati. 

Dengan kata lain Bupati R.A. Wiranatakusumah II adalah pendiri (The Founding Father) Kota Bandung.

Baca Juga: KEUTAMAAN Asbabun Nuzul Surat Al Ashr, Disertai Bacaan Arab, Latin hingga Terjemahan

"Kota Bandung tidak berdiri bersamaan dengan pembentukan Kabupaten Bandung. Kota itu dibangun dengan tenggang waktu sangat jauh setelah Kabupaten Bandung berdiri," katanya.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah