ISCFE 2022: Kota Bandung Siap Kolaborasi Bangun Ekosistem Smart City

- 12 Oktober 2022, 22:26 WIB
Indo Smart City Forum & Expo (ISCFE) "Kolaborasi Multi Pihak dalam Membangun Ekosistem Smart City" yang berlangsung di Solo Techno Park, Surakarta, Rabu 12 Oktober 2022.
Indo Smart City Forum & Expo (ISCFE) "Kolaborasi Multi Pihak dalam Membangun Ekosistem Smart City" yang berlangsung di Solo Techno Park, Surakarta, Rabu 12 Oktober 2022. /Adpim Kota Bandung/

BERITA KBB - Kota Bandung siap berkolaborasi dalam membangun ekosistem smart city. Hal itu senada dengan tema Indo Smart City Forum & Expo (ISCFE) "Kolaborasi Multi Pihak dalam Membangun Ekosistem Smart City" yang berlangsung di Solo Techno Park, Surakarta, Rabu 12 Oktober 2022.

"Kota Bandung merupakan salah satu kota terbaik dalam penerapan smart city. Ke depan kita akan terus memaksimalkan potensi dan inovasi kota yang di dalamnya ada stakeholder, pengusaha, akademisi, media, pemerintah juga untuk membangun kota yang inovatif menyelesaikan berbagai masalah di kotanya," kata Kepala Dinas Kominikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Bandung, Yayan A. Brilyana di sela-sela ISCFE 2022.

Adapun tema yang digelar selama tiga hari itu antara lain, kebijakan smart city mendukung pelayanan publik, pengembangan smart city mobility terintegrasi dan kolaborasi untuk penguatan ekosistem smart city.

Baca Juga: Stok Kacang Kedelai di Kota Bandung Aman Terkendali

Yayan menyampaikan, berbagai inovasi yang ada di Kota Bandung mampu menunjang kebutuhan masyatakat juga sistem pemerintahan yang cerdas.

"Dalam artian ini, pemerintah yang cepat tanggap, pelayanan yang transparan juga waktu begitu efisien. Penerapan ini tidak lepas dari teknologi, karena membantu sekali," ujarnya.

"Kota Bandung salah satu pengguna internet terbesar, 80 persen warganya pengguna internet. Tingkatkan pengelolaan teknologi informasi, mulai infrastruktur-nya tidak ada lagi yang blank spot sehingga infrastruktur harus merata. Bandung juga menghadapi 5G, sebagai percontohan beberapa di Indonesia, dengan ini bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi juga pertumbuhan data semakin cepat luas dan mudah," beber Yayan.

Baca Juga: Pemkot Bandung Optimis Hadapi Resesi 2023, Ini Langkahnya

Ia mengatakan, inovasi di Kota Bandung, seperti Buruan SAE yang memannfaatkan lahan kosong di rumah bahkan di perkantoran untuk dijadikan lahan kebutuhan pokok sehari-hari.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x