Bangun Masjid di Pelosok Negeri, Dokumenter Jelajah Masjid Nusantara Ditayangkan di 21 Televisi Lokal

- 10 Maret 2023, 07:19 WIB
Direktur Masjid Nusantara Pras Purworo (kedua kiri), Host Jelajah Masjid Nusantara (JMN) Andhin Abdul Hakim (kiri), dan Produser JMN Ihra Tumiwa saat menghadiri launching tayangan Jelajah Masjid Nusantara (JMN) musim ke-4 di Hotel Malaka, Kota Bandung, Kamis 9 Maret 2023.
Direktur Masjid Nusantara Pras Purworo (kedua kiri), Host Jelajah Masjid Nusantara (JMN) Andhin Abdul Hakim (kiri), dan Produser JMN Ihra Tumiwa saat menghadiri launching tayangan Jelajah Masjid Nusantara (JMN) musim ke-4 di Hotel Malaka, Kota Bandung, Kamis 9 Maret 2023. /Ade Bayu Indra/Berita KBB/

BERITA KBB - Menegaskan kepeduliannya dalam dunia filantropi, Masjid Nusantara (MN) mengadakan launching tayangan Jelajah Masjid Nusantara (JMN) musim ke-4, pada Kamis, 9 Maret 2023.

Jelajah Masjid Nusantara (JMN) merupakan tayangan dokumenter tentang perjalanan tim MN mengawal pembangunan masjid di pelosok Indonesia. Tayangan ini sudah berjalan sejak 2020, dan saat ini memasuki musim ke-4.

“Bagi sebagian orang, banyaknya jumlah jamaah masjid di pelosok itu, diasumsikan memudahkan pengumpulan dana untuk pembangunan masjid. Padahal, realitanya ekonomi masyarakat di sana masih memprihatinkan dan perlu dibantu, sehingga kalau masjid mereka rusak, kesulitan untuk memperbaikinya,” ungkap Direktur Masjid Nusantara, Pras Purworo.

Baca Juga: Satu Bagian Tubuh Diidentifikasi Milik Korban Suheri, Inilah Daftar Korban Kebakaran Depo Pertamina Plumpang

Menurut Pras, lewat tayangan JMN ini, pihaknya ingin memberi realita di pelosok seperti apa. Misalnya, mulai kondisi masjid, akses jalan, jarak yang harus mereka tempuh ke masjid atau ke pusat-pusat ekonomi, hingga mata pencaharian dan penghasilan yang diperoleh masyarakat dhuafa di pelosok.


“Harapan kami, banyak masyarakat mengetahui kondisi pelosok Indonesia seperti apa. Bukan hanya kekurangannya, tapi justru dalam potensinya, dalam keindahan alamnya, semangat gotong-royongnya, keberagaman budayanya, bahkan toleransi antar umat beragamanya,” tambah Pras.


JMN 4 akan tayang di 21 televisi lokal di bawah naungan JPM pada Ramadhan ini.

Baca Juga: Sinopsis Nakusha ANTV 10 Maret 2023: Digu Senyum-Senyum Sendiri Mengenang Kebersamaannya dengan Nakusha

Kemudian, dalam JMN 4 ini pun, Masjid Nusantara juga berkolaborasi dengan Kahf dari Paragon Corp dalam pembangunan Masjid Al Munawarah di Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Kolaborasi kebaikan dengan Masjid Nusantara ini sejalan dengan konsep kami, di mana kami memiliki program bernama Perjalanan Berkahf. Harapannya setiap perjalanan itu memiliki nilai positif, dan hal ini sejalan dengan program Jelajah Masjid Nusantara,” ungkap Wilda Arginisa, Public Relations Kahf.

JMN 4 sendiri menayangkan perjalanan dan proses pembangunan masjid di 8 lokasi, yaitu  Masjid Al-Barokah Garut, Jawa Barat, Masjid An-Nur Majene, Sulawesi Barat, Masjid Al-Ikhlas Konawe Utara Sulawesi Tenggara, Masjid Nurul Babussalam Luwu, Sulawesi Selatan
Masjid Al-Munawarah Manggarai Barat, NTT, Masjid Jibal Nur Kep. Mentawai, Sumatra Barat, Masjid Al-Quba Seram Timur, Maluku, dan Masjid Al-Hasanah Banggai Laut, Sulawesi Tengah.

Baca Juga: Korban Kebakaran Depo Pertamina Plumpang Berhasil Teridentifikasi, Ada 15 Jenazah dan Satu Bagian Tubuh

Secara keseluruhan, total masjid yang sudah dibangun JMN dari season 1 – 4 adalah 22 masjid. Adapun total masjid yang sudah dibangun Masjid Nusantara adalah 181 masjid.***

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x