Arus Mudik Lintas Jawa Barat Momen Lebaran 2023 Lancar

- 3 Mei 2023, 10:40 WIB
Jalan Tol Cilunyi Sumedang Dawuan (Cisumdawu) Seksi 4 hingga 6 secara struktur sudah selesai dan mampu mendukung pelaksanaan arus Mudik dan Balik Lebaran 2023.
Jalan Tol Cilunyi Sumedang Dawuan (Cisumdawu) Seksi 4 hingga 6 secara struktur sudah selesai dan mampu mendukung pelaksanaan arus Mudik dan Balik Lebaran 2023. /Foto : Humas KemenPUPR

BERITA KBB - Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat A. Koswara mengemukakan, arus mudik lintas Jabar pada momen Idulfitri 1444 Hijriah berlangsung sangat lancar, terutama pada jalur Jabar utara. 

Sedangkan pada jalur selatan, seperti lintas Tasikmalaya dan Garut masih terjadi kemacetan di beberapa titik, seperti di pasar tumpah jalur Limbangan - Malangbong - Kadungora. 

"Peran serta masyarakat menaati lalu lintas sangat penting. Pemberlakuan rekayasa lalu lintas tidak bisa berjalan dengan baik jika tidak dibarengi kepatuhan," ujar Koswara dalam acara Jabar Punya Informasi (Japri) terkait Evaluasi Arus Mudik/Balik 2023/1444 Hijriah di Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (2/5/2023). 

Baca Juga: Jadwal dan Lokasi SIM Keliling 1 (Simling) di Bandung Selatan Selama Bulan Mei 2023

Untuk jalur selatan, menurutnya perlu koordinasi dengan pemerintah daerah setempat guna pengaturan pasar tumpah saat arus mudik berlangsung. Cara lainnya adalah dengan membuat Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) di antara jalur Limbangan - Malangbong. 

"Limbangan - Malangbong masih terkendala pasar tumpah. Ke depan akan lebih baik jika dibuatkan juga JPO. Tapi jika Tol Cigatas (Cileunyi-Garut-Tasikmalaya) sudah ada akan berbeda kondisinya," tegas Koswara. 

Ia mengatakan pula, pergerakan lokal atau di dalam wilayah Jabar relatif tinggi, yakni sekitar 43 juta orang. Kebanyakan merupakan pemudik lokal atau wisatawan yang berkunjung ke lokasi wisata selama libur panjang Idulfitri. 

Baca Juga: Jadwal TV di Mentari TV Rabu 3 Mei 2023 dan Link Live Streaming Gratis, Tayo The Little Bus Tayang Hari Ini

Pergerakan lokal itu di antaranya ke wilayah Pangandaran,  Puncak, dan Lembang.  Kemacetan panjang sempat terjadi di Puncak, Bogor demikian juga di Pangandaran dan Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Namun kemacetan itu cepat teratasi dengan melakukan rekayasa lalu lintas. 

Koswara juga menjelaskan, penggunaan Tol Cisundawu sukses memperlancar arus mudik dari wilayah Bandung menuju ke Cipali serta jalur fungsional Tol Bocimi. Namun Tol Japek 2 dari Sadang-Karawang tidak digunakan karena di jalur utama yang disiapkan tidak terjadi kemacetan. 

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah