Jawa Barat Miliki Enam Pusat Layanan Usaha Terpadu Dorong UMKM Naik Kelas

- 24 Oktober 2023, 11:07 WIB
Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin mendampingi  Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah RI Teten Masduki dalam kunjungan kerja meresmikan gedung Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) di Kabupaten Bandung, Senin (23/10/2023).
Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin mendampingi Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah RI Teten Masduki dalam kunjungan kerja meresmikan gedung Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) di Kabupaten Bandung, Senin (23/10/2023). /Istimewa /

BERITA KBB - Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin mendampingi  Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah RI Teten Masduki dalam kunjungan kerja meresmikan gedung Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) di Kabupaten Bandung, Senin (23/10/2023). 

PLUT Kabupaten Bandung ini menjadi PLUT keenam yang ada di Jabar. Bey mengungkapkan, gedung PLUT yang dibangun dari APBN murni ini akan dihibahkan kepada pemerintah daerah kabupaten/kota dan pengelolaannya akan dikerjasamakan dengan komunitas UMKM setempat. 

“PLUT ini yang keenam di Jabar setelah Subang, Sukabumi, Tasikmalaya, Cianjur, dan Kuningan. Tentunya Pemprov sangat mendukung untuk yang seperti ini,” ujar Bey. 

Baca Juga: Jabar Optimistis Mampu Turunkan Prevalensi Stunting Sesuai Target Nasional

“Ini dari APBN murni, dihibahkan kepada pemkab. Pengelolan nanti diserahkan juga kepada komunitas, sesuai tadi arahan Pak Menteri Teten Masduki,” imbuhnya. 

Bey menuturkan, pihaknya menargetkan PLUT ada di setiap kabupaten/kota di Jabar. Untuk itu, ia sangat mengapresiasi inisiasi PLUT mandiri seperti milik Cirebon. 

Menurutnya, PLUT dapat membawa kualitas produk-produk UMKM naik kelas, termasuk dari pengemasannya. 

Baca Juga: Hari Ini, Laga Perdana Softball Portue 2023, Putra SMAN 22 Bandung Bertemu SMAN 9 Bandung

“Ini produknya sudah bagus, tapi kemasannya kurang. Nah diharapkan nanti melalui _coaching_ di sini bisa dibuatkan kemasan yang baru,” ujar Bey. 

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x