Dinkes Kota Bandung Perkuat Upaya Pencegahan DBD Lewat Wolbachia

- 8 November 2023, 21:50 WIB
Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Bandung, Anhar Hardian, di Hotel Courtyard by Marriott Bandung, Selasa, 7 November 2023.
Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Bandung, Anhar Hardian, di Hotel Courtyard by Marriott Bandung, Selasa, 7 November 2023. /Istimewa /

BERITA KBB - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung menggelar On The Job Training (OJT) Teknis Kedua Strategi dan Manajemen Implementasi Wolbachia Kota Bandung, 7-8 November 2023.

Kegiatan OJT Teknis Kedua ini dibuka langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Bandung, Anhar Hardian, di Hotel Courtyard by Marriott Bandung, Selasa, 7 November 2023.

Wolbachia adalah salah satu genus bakteri yang hidup sebagai parasit pada hewan artropoda. Infeksi Wolbachia pada hewan akan menyebabkan partenogenesis, kematian pada hewan jantan, dan feminisasi. Bakteri ini tergolong ke dalam Gram negatif, berbentuk batang, dan sulit ditumbuhkan di luar tubuh inangnya.

Baca Juga: Donor Darah Awali Peringatan HUT Ke-24 DWP Kota Bandung

Pada kesempatan itu, Anhar mengungkapkan kekhawatirannya terjadi peningkatan kasus DBD di Kota Bandung pada awal musim penghujan. 

"Program Wolbachia ini diharapkan akan menjadi salah satu ikhtiar yang bisa menekan kasus DBD di Kota Bandung," kata Anhar.

Untuk itu juga, Anhar mengajak warga Kota Bandung mendukung Program "ce Woli Jawara" Cegah DBD, Wolbachia Jagi Wargi Bandung Juara.

Baca Juga: Disnaker Gulirkan Program Padat Karya Pengolahan Sampah Organik, Targetkan Kelola 151 Ton Per Hari

Sebelumnya, Pemerintah Kota Bandung telah mengimplementasikan inovasi bakteri wolbachia ke dalam telur-telur nyamuk Aedes aegypti di Kecamatan Ujungberung.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah