Atasi Sampah Organik, Pemkot Bandung Bagikan Ribuan Kang Empos

- 30 November 2023, 13:35 WIB
Pemkot Bandung membagikan ribuan Kang Empos kepada seluruh ketua RW se-Kota Bandung di GOR C-Tra Arena Bandung, Kamis 30 November 2023.
Pemkot Bandung membagikan ribuan Kang Empos kepada seluruh ketua RW se-Kota Bandung di GOR C-Tra Arena Bandung, Kamis 30 November 2023. /Istimewa /

BERITA KBB - Berbagai upaya telah dilakukan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung dalam mengurangi sampah dari sumbernya. Salah satunya melalui pengelolaan sampah organik dengan metode Kang Empos atau Karung Ember Pengomposan.

Untuk itu, Pemkot Bandung membagikan ribuan Kang Empos kepada seluruh ketua RW se-Kota Bandung di GOR C-Tra Arena Bandung, Kamis 30 November 2023.

Sekretaris Daerah Kota Bandung, Ema Sumarna mengatakan, pembangian Kang Empos ini merupakan bagian dari program penyediaan sarana dan prasarana pengolahan sampah organik yang disiapkan Pemkot Bandung. 

Baca Juga: Baraya Jadi Wadah Inovasi, Ide, dan Mimpi Anak Muda Tentang Kota Bandung

Ia menyebut, Pemkot Bandung telah menyiapkan anggaran sebesar Rp31,9 miliar berupa bantuan dan dukungan sarana dan prasarana berupa Kang Empos dan pembuatan hanggar-hanggar untuk maggotisasi di seluruh Kelurahan di Kota Bandung. 

"Kang Empos ini akan diberikan kepada 20 persen penduduk per kelurahan dan hampir 90 persen barang tersebut telah diterima oleh masyarakat. Dengan adanya daya dukung sarana prasarana kita juga berikan edukasi terkait pemanfaatan Kang Empos," kata Ema.

Sebagai informasi, komposisi sampah yang ada di Kota Bandung komposisi terbesar adalah sampah organik sekitar 40-60 persen.

Baca Juga: Pemkot Bandung Sabet Tiga Penghargaan di Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2023

Ema mengajak masyarakat untuk bersama mengolah sampah mulai dari sumber. Dengan kebersamaan dan kolaborasi seluruh pihak ia optimis Kota Bandung dapat keluar dari kedaruratan sampah.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x