Targetkan Kelola 60 Ton Sampah, TPS Gedebage Segera Beroperasi

- 30 November 2023, 13:41 WIB
Sekretaris Daerah Kota Bandung, Ema Sumarna menjelaskan, operasional TPS Gedebage terus diakselerasi. Targetnya, TPS Gedebage dapat menyesaikan lebih dari 60 ton sampah.
Sekretaris Daerah Kota Bandung, Ema Sumarna menjelaskan, operasional TPS Gedebage terus diakselerasi. Targetnya, TPS Gedebage dapat menyesaikan lebih dari 60 ton sampah. /Istimewa /

BERITA KBB - Tempat Pembuangan Sampah (TPS) Gedebage ditargetkan segera beroperasi awal Desember 2023 mendatang. Saat ini, persiapan operasional TPS Gedebage memasuki tahap akhir.

Sekretaris Daerah Kota Bandung, Ema Sumarna menjelaskan, operasional TPS Gedebage terus diakselerasi. Targetnya, TPS Gedebage dapat menyesaikan lebih dari 60 ton sampah.

"TPST Gedebage targetnya pada 4 Desember harus sudah operasional untuk penanganan organik, dengan 6 mesin gibrik dan sudah dibangun 175 biopon. Target 60 ton untuk bisa diselesaikan," ujarnya, Kamis 30 November 2023.

Baca Juga: Atasi Sampah Organik, Pemkot Bandung Bagikan Ribuan Kang Empos

Di TPS Gedebage, lanjutnya, pengolahan sampah organik akan menggunakan metode maggotisasi sedangkan sampah anorganik akan dibawa ke Lawe untuk diolah menjadi RDF (Refuse Derived Fuel).

Terkait dengan alternatif Tempat Pembuangan Akhir (TPA), Ema menyebut saat ini masih menunggu izin dan kebijakan dari Pemda setempat.

"Cijeruk dan Cibereum belum ada, sementara Pasir Bajing kita menunggu kebijakan (dari pemerintah setempat). Kita sudah siap dengan berbagai kompensasinya misalnya tiping fee atau KDN (kawasan dampak negatif) kan ada hitungannya. Kita sedang menunggu jawabannya," ungkapnya.

Baca Juga: Baraya Jadi Wadah Inovasi, Ide, dan Mimpi Anak Muda Tentang Kota Bandung

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Dudy Prayudi menyebut saat ini progres TPS Gedebage tinggal membangun hanggar.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x