9 Orang Hilang dan 25 Rumah Rusak, Pencarian Korban Longsor Cipongkor Kabupaten Bandung Barat Dilakukan Manual

- 26 Maret 2024, 10:13 WIB
Selasa pagi ini, Tim SAR Gabungan lanjutkan pencarian 11 warga yang diduga tertimbun longsor Desa Cibenda Cipongkor.
Selasa pagi ini, Tim SAR Gabungan lanjutkan pencarian 11 warga yang diduga tertimbun longsor Desa Cibenda Cipongkor. /Antara/Dian Hardiana/

Berita KBB - Longsor melanda Kampung Cigintung, Desa Cibenda, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat, Minggu 24 Maret 2024 malam. Dalam musibah ini, dilaporkan 9 orang hilang dan 25 unit rumah rusak berat.

Hal ini sebagaimana diungkapkan Kabid Humas Polda Jabar Kompol Jules Abraham Abast, S.I.K., Selasa 26 Maret 2024. “Dilaporkan 9 orang warga hilang dan 25 unit rumah rusak berat, karena longsor akibat curah hujan yang terjadi sepanjang malam dengan intensitas tinggi,” ujarnya, seperti dikutip dari Tribratanews Jabar.

Lanjutnya, musibah longsor yang terjadi di Kampung Cigintung, RW 07 Desa Cibenda, Kecamatan Cipongkor Kabupaten Bandung Barat ini ditangani pihak kepolisian, berkoordinasi dengan unsur Forkopimda.

“Telah dilaksanakan langkah–langkah penanganan bencana longsor seperti cek lokasi, membantu masyarakat untuk mengungsi ke tempat yang aman, melakukan evakuasi/ pencarian korban yang hilang yang serta menempatkan warga yang terdampak di tempat pengungsian,” lanjut Jules.

Saat ini proses pencarian secara manual masih dilakukan oleh pihak kepolisian, TNI, Basarnas, BPBD dan relawan. Pihaknya berharap masyarakat yang terdampak diberikan kesehatan dan sanak saudara yang hilang bisa segera ditemukan.

Baca Juga: Innalillahi Banjir Bandang dan Longsor Terjang Cipongkor Wakil Ketua Komisi 2 DPRD Dadan Supardan Turun ke TKP

“Kita doakan kepada masyarakat yang mengalami bencana tersebut agar diberikan kesehatan, untuk sanak keluarga yang hilang kita doakan agar bisa segera ditemukan,” pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, Wakil Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Bandung Barat Dadan Supardan mengatakan, longsor di Kecamatan Cipongkor ini mengakibatkan 20 orang mengalami luka ringan maupun luka berat.

"Untuk rumah rusak berat tertimbun tanah lebih dari 25 rumah termasuk bangunan mesjid, bangunan pesantren dan rumah yang rusak ringan kurang lebih 45 rumah," ujar Dadan.

Halaman:

Editor: Lizikri Damar Tanjung Novela Andelin

Sumber: Tribrata News Jawa Barat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x