Pasien DBD di Kota Cimahi Terus Melonjak, Pj Wali Kota: Saat Ini Masih Teratasi, Obat-Obatan dan Petugas Siap

- 30 Maret 2024, 12:51 WIB
Gejala DBD saat ini beda dengan yang dulu, mirip dengan flu
Gejala DBD saat ini beda dengan yang dulu, mirip dengan flu /Pixabay/FotoshopTofs/

Berita KBB - Pj. Wali Kota Cimahi Dicky Saromi mengimbau masyarakat rutin memusnahkan sarang nyamuk Aedes Aegypti penyebar virus Demam Berdarah Dengue (DBD). Hal ini dilakukan untuk mencegah penyebaran penyakit tersebut yang saat ini sedang meningkat di Kota Cimahi.

Dalam aksi Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) serentak se-Kota Cimahi pada Kamis 28 Maret 2024 di RW 2 Desa Cibabat, Kecamatan Cimahi Utara, Dicky menegaskan, langkah ini sangat penting untuk mencegah perkembangbiakan nyamuk penyebab DBD.

"Aksi ini ikhtiar kita mensikapi wabah DBD yang terjadi di berbagai daerah termasuk Kota Cimahi," ujarnya, dikutip Berita KBB dari laman Pemkot Cimahi, Sabtu 30 Maret 2024. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat membantu meningkatkan kesadaran sehingga penularan penyakit demam berdarah dapat dicegah.

"Jentik nyamuk tumbuh dan berkembang di genangan air yang bersih. Agar warga peduli dan mengatasi air tergenang di sekitar mereka. Termasuk tumpukan sampah dan baju kotor yang digantung. Harus serentak, tidak hanya pemerintah tapi melibatkan partisipasi masyarakat," lanjutnya.

Terkait banyaknya pasien DBD yang saat ini dirawat di beberapa rumah sakit di kota Cimahi, Dicky menyebut permasalahan tersebut masih teratasi. Kamar tambahan juga telah diatur sebagai ruang inap pasien jika diperlukan.

Baca Juga: DBD Mengganas di Cimahi, Masyarakat Diminta Awasi Tempat Bersarang Favorit Nyamuk Aedes Aegypti yang Satu Ini

“Obat-obatan siap, begitu juga dengan petugasnya. Yang penting, mari kita peduli untuk sama-sama memberantas DBD dengan memberantas jentik nyamuk yang ada di air tergenang," tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cimahi Mulyati menambahkan, kasus DBD di Kota Cimahi terus meningkat. Proses sosialisasi terus dilakukan sembari mengoptimalkan aksi bersama dengan masyarakat.

"Masyarakat perlu menyadari bahwa PSN harus menjadi kebiasaan untuk memberantas sarang nyamuk. Usahakan rutin seminggu sekali terapkan PSN 3M Plus," katanya.

Halaman:

Editor: Lizikri Damar Tanjung Novela Andelin

Sumber: Pemkot Cimahi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x