Lemari Pengering dari LPPM ITB Berikan Solusi Untuk Petani Di Lembang Kabupaten Bandung Barat

- 23 Januari 2023, 14:06 WIB
*Profesor Lienda A Handojo ,Teknik Pangan, FTI, Institut Teknologi Bandung
*Profesor Lienda A Handojo ,Teknik Pangan, FTI, Institut Teknologi Bandung /

 

BERITA KBB-Berawal dari petani stevia (tanaman pengganti gula) di kecamatan lembang yang mengalami masalah dalam mengeringkan daun stevia yang sangat tergantung kepada cuaca karena menggunakan sinar matahari sebagai pengering, para peneliti dari LPPM ITB tergerak untuk mencarikan solusi salah satunya tim yg diketuai oleh Profesor Lienda A Handojo.

Bertepatan dengan dengan hari kemerdekaan 17 agustus 2021 melalui Program Penelitian , Pengabdian Masyarakat & Inovasi ( PPMI ) ITB bekerjasama dengan Forum Penyelamat Lingkungan Hidup ( FPLH )menghibahkan lemari pengering bertenaga gas kepada petani stevia di desa jayagiri lembang untuk mempercepat pengeringan daun stevia dan produk pertanian lain nya seperti kopi.

Acara serah terima mesin pengering stevia tersebut dihadiri oleh dinas kukm kbb, camat lembang, asper perhutani dan para petani stevia di kebun panorama lembang
Salah seorang petani stevia di lembang thio setiowekti menyatakan pihaknya sangat terbantu dengan lemari pengering dari program PPMI ITB ini, karena biasanya menunggu tiga hari untuk mengeringkan daun stevia sekarang hanya 8 jam daun sudah kering.

"Kami mengucapkan terimakash kepada peneliti dari ITB ", ujarnya. 

Baca Juga: Waspada! Penyakit Ini Bisa Datang Jika Keseringan Begadang Atau Tidur Diatas Jam 12 Malam

Tidak berhenti disitu ketika mendengar bahwa petani jeruk lemon di desa suntenjaya lembang membuang hasil panen nya bahkan menebang ratusan pohon jeruk lemon, LPPM ITB kembali membantu. 

Profesor Lienda beserta tim bulan september 2022 kembali menghibahkan lemari pengering untuk produk-produk pertanian kepada kelompok tani buah, sayur dan tanaman herbal merdeka untuk mengeringkan lemon,bit, terong dll. 

Acara itu dihadiri oleh dpr ri, dinas ketahanan pangan dan pertanian KBB, camat lembang, kepala desa suntenjaya dan para petani.

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x