Peran Penting Eka Santosa Komisi II DPR RI 2004-2009 Dalam Proses Pembentukan Bandung Barat

- 18 Juni 2023, 10:49 WIB
Peran Penting Eka Santosa Komisi II DPR RI 2004-2009 Dalam Proses Pembentukan Bandung Barat
Peran Penting Eka Santosa Komisi II DPR RI 2004-2009 Dalam Proses Pembentukan Bandung Barat /

BERITA KBB-Anggota DPR RI Komisi II Periode 2004-2009 Eka Santosa memiliki peran penting dalam membantu proses pembentukan Kabupaten Bandung Barat setelah menerima aspirasi dari Komite Pembentukkan Kabupaten Bandung Barat (KPKBB) yang diketuai oleh Alm. Endang Anwar

Menurut Eka Santosa, dirinya menjadi satu-satunya Anggota DPR RI Komisi II DPR RI yang melakukan kajian secara door to door selama 6 bulan di 15 Kecamatan yang saat itu akan dimekarkan menjadi Kabupaten Bandung Barat.

"Sebelum masuk menjadi agenda Program Legislasi Nasional (Proglegnas), saya melakukan kajian dengan berkeliling ke kecamatan-kecamatan yang akan dimekarkan. Hal ini untuk memastikan bahwa pemekaran merupakan keinginan masyarakat KBB," ucap Eka Santosa saat ditemui di Alam Santosa, Pasir Impun, Sabtu 16 Juni 2023.

Baca Juga: Latihan Timnas Indonesia Melawan Argentina Ditutupi Kain Hitam, Media Argentina Keheranan

Eka menambahkan selama membuat kajian itu, pihaknya ingin memastikan 3 aspek utama syarat pemekaran dapat terpenuhi. Mulai dari rentang kendali, efektivitas pelayanan hingga aktivitas perekonomian masyarakat.

"Dan, semua aspek itu terpenuhi di Kecamatan yang akan dimekarkan menjadi Kabupaten Bandung Barat. Bisa dibilang peran saya adalah mencairkan kebekuan otonomi KBB yang memang sudah mencuat sejak reformasi dan baru terlaksana pada 2007 dengan disahkannya UU No 12 Tahun 2007 tanggal 2 Januari 2007 tentang Pembentukan Kabupaten Bandung Barat di Provinsi Jawa Barat",tuturnya.

Eka Santosa menuturkan, selain dirinya ada sosok yang sangat berperan dalam otonomi daerah Kabupaten Bandung Barat. Dia adalah Bupati Kabupaten Bandung saat itu Obar Sobarna.

Baca Juga: Daftar Pemain Ftv Pagi 'Gurih Cinta Telur Asin' Minggu 18 Juni 2023 Pukul 08.00 WIB

Menurut dia, saat itu Obar Sobarna yang memasuki periode kedua kepemimpinannya begitu legowo untuk melepas kecamatan di Kabupaten Bandung untuk dimekarkan. Untuk legowo, Eka Santosa melakukan pendekatan lobi politik hingga akhirnya Obar Sobarna menyetujui adanya otonomi Kabupaten Bandung Barat.

"Pak Obar membuat karya yang fenomenal yakni menyetujui agar terjadinya otonomi daerah sebagai pemilik wilayah induk. Pak Obar bersama Agus Yasmin Ketua DPRD Kabupaten Bandung saat itu setuju adanya pemekaran Kabupaten Bandung Barat," tutur Eka.

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x