Peringati HUT RI, Darul Hikam Hidupkan Kembali Permainan Tradisional

- 19 Agustus 2023, 07:27 WIB
Peserta mengikuti lomba tarik tambang, di kampus SMP SMA Berasrama Darul Hikam Dago Giri, Kamis, 17 Agustus 2023
Peserta mengikuti lomba tarik tambang, di kampus SMP SMA Berasrama Darul Hikam Dago Giri, Kamis, 17 Agustus 2023 /Ade Bayu Indra/Berita KBB/

BERITA KBB - Untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan RI, semua masyarakat Indonesia mengisinya dengan berbagai kegiatan. Selain menggelar upacara, banyak masyarakat yang menggelar berbagai lomba.

Salah satu institusi yang menggelar perlombaan tersebut adalah Sekolah Darul Hikam. Namun, perlombaan yang digelar Darul Hikam berbeda dengan yang lainnya. Karena, banyak mengeksplore berbagai permainan tradisional.

Menurut Ketua Yayasan Darul Hikam, Sodik Mudjahid, di peringatan HUT RI ke 78 ini, pihaknya ingin mengeksplore berbagai permainan tradisional. Karena, di hari kemerdekaan tanggal 17 ini waktu yang tepat untuk menggali dan menguatkan lagi permainan-permainan tradisional.

Baca Juga: Sinopsis Daftar Pemain FTV Aku Cincau Padamu, Ada Naufal Samudra dan Dinda Kirana, Tayang 08:00 WIB

"Dengan menghidupkan lagi permainan-permainan maka kita tak hanya teoritik menjaga budaya dengan berbagai macam-macam teori. Namun, salah satu praktik simpelnya adalah menghidupkan lagi, melestarikan lagi aneka ragam permainan permainan," ujar Sodik kepada wartawan, di Sekolah Darul Hikam Berasrama Dago Giri Kamis (17/8/2023).

Sodik menjelaskan, di setiap kesempatan pihaknya selalu memanfaatkan semua momentum untuk silaturahmi dengan semua pegawai dan karyawan Darul Hikam. Tujuannya adalah silaturahmi. Kedua, komitmen kepada bangsa dan yang ketiga juga adalah bergembira.

"Tujuan lainnya, menggalakkan permainan-permainan tradisional sambil bergembira ceria ya jangan sampai stres," katanya.

Baca Juga: Profil Pratama Arhan Akan Segera Menikah, Calon Istri Ternyata Anak DPR RI

Di tempat yang sama, Direktur Perguruan Darul Hikam, Ruri B Ramadhanti mengatakan, lomba dalam memperingati HUT RI ini diikuti oleh ratusan karyawan. Permainan tradisional yang dilombakan ada 4 kaulinan Sunda. Kemudian ada Sepak Bola, Pingpong dan bulutangkis.

Sedangkan permainan tradisional yang dilombakan, kata dia, adalah lompat tali, Loncat tinggi, tarik tambang dan bebentengan.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah